Sabtu, 18 September, 2021

IPR Ungkap Sosok Calon Kapolri Pengganti Idham Azis

“Sosok tersebut setidaknya memiliki beberapa kriteria”

MONITOR, Jakarta – Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR), Ujang Komarudin, mengungkapkan bahwa sosok pengganti Kapolri Jenderal Pol Idham Azis yang akan dipilih Presiden Joko Widodo (Jokowi) harus memenuhi sejumlah kriteria.

“Sosok tersebut setidaknya memiliki beberapa kriteria, sehingga bisa menjadikan Polri lebih maju dan modern, dan benar-benar bisa menjadi harapan rakyat Indonesia,” ungkapnya di Jakarta, Jumat (8/1/2021).

Ujang pun merinci kriteria sosok calon Kapolri baru tersebut. Pertama, menurut Ujang, memenuhi syarat sesuai Undang-Undang (UU) dan peraturan yang berlaku, terutama Jenderal Bintang Tiga.

“Kriteria kedua adalah memiliki track record yang bagus, jenjang karirnya jelas dan tidak cacat,” ujarnya.

- Advertisement -

Ketiga, lanjut pria yang juga Pengamat Politik Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) itu, yakni sosok yang memiliki prestasi di bidang penegakkan hukum dan lain-lain.

“Keempat, yang tidak kalah pentingnya adalah memiliki kedekatan dengan Presiden Jokowi, sehingga bisa menjamin dan tangkas dalam mengendalikan keamanan dan kenyamanan dalam negeri, sehingga Indonesia akan lebih fokus dan produktif,” kata Ujang.

“Dengan kata lain, sosok tersebut punya chemistry dengan Presiden Jokowi, serta bisa mengamankan Presiden baik dari segi kebijakan maupun langkah politik kebangsaannya,” ungkap Ujang.

Terakhir, Ujang mengungkapkan, adalah sosok calon Kapolri harus memiliki komitmen untuk melanjutkan reformasi di internal kepolisian dan komitmen terhadap penegakkan Hak Asasi Manusia (HAM).

“Reformasi di internal Polri ini harus terus berjalan dan harus diperkuat, sehingga ke depan kepercayaan terhadap institusi Polri juga meningkat,” ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, calon Kapolri pengganti Jenderal Pol Idham Azis semakin mengerucut pada tiga nama perwira tinggi Polri, mereka adalah Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono, Kabareskrim Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Boy Rafli Amar.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER