Nadiem Tegaskan Formasi CPNS Bagi Guru Tidak Akan Dihapus

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Anwar Makarim/ dok: IG Nadiem

MONITOR, Jakarta – Wacana penghapusan formasi CPNS bagi guru belakangan ini mengusik Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Anwar Makarim. Ia mengatakan banyak persepsi keliru yang beredar di pemberitaan media massa.

Nadiem dengan tegas menyatakan, formasi CPNS guru kedepannya bakal tetap ada. Hal itu menampik persepsi yang selama ini beredar di media.

“Saya menegaskan bahwa Formasi CPNS Guru ke Depan Tetap Akan Ada karena Kebijakan ini akan sejalan dan saling melengkapi dengan perekrutan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK),” kata Nadiem Makarim, Selasa (5/1/2021).

Lebih jauh Nadiem menjelaskan, adapun fokus tahun ini adalah perekrutan guru honorer sampai dengan kapasitas satu juta guru. Secara terangnya, Nadiem mengatakan jumlah yang diangkat hanya yang lulus tes, melalui jalur PPPK.

Untuk itu, ia sangat mendorong agar para guru honorer serta lulusan Pendidikan Profesi Guru melamar menjadi guru PPPK.

“Kinerja yang baik sebagai guru PPPK nantinya akan menjadi pertimbangan penting jika guru PPPK yang bersangkutan melamar menjadi CPNS. Kami terus berupaya memperjuangkan agar para guru mendapatkan kesempatan memperjelas status dan meningkatkan kesejahteraannya,” pungkas eks CEO GOJEK Indonesia ini.