Sabtu, 27 April, 2024

Jasa Marga Imbau Pengguna Jalan Hindari Puncak Arus Balik Hari Minggu

MONITOR, Cikampek – Libur akhir tahun 2020 dan pergantian tahun baru 2021 telah usai. Masyarakat sudah mulai berbondong-bondong untuk kembali ke Ibukota.

Melihat kondisi ini, PT Jasa Marga (Persero) Tbk memprediksi puncak arus balik menuju Jakarta akan terjadi pada hari Minggu, 3 Januari 2021. Dwimawan Heru, selaku Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk. mengatakan jumlah kendaraan yang kembali ke Jakarta pada hari tersebut adalah sebanyak 205 ribu kendaraan.

“Naik 18,5% jika dibandingkan dengan lalu lintas (lalin) new normal,” kata Heru dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (2/1/2021).

Ia menerangkan, angka prediksi tersebut merupakan kumulatif lalin yang diperkirakan menuju Jakarta di beberapa Gerbang Tol (GT) barrier/utama, yaitu GT Cikupa (arah Barat), GT Ciawi (arah Selatan) serta GT Cikampek Utama & GT Kalihurip Utama (arah Timur). Prediksi dari arah Timur mencapai 56,4% dari total lalin. Sementara itu, untuk dari arah Barat sebesar 21,2% dan dari arah Selatan sebesar 22,4%.

- Advertisement -

“Jasa Marga mencatat total 1,2 juta kendaraan meninggalkan Jakarta pada periode sembilan hari libur Natal dan Tahun Baru, atau sejak Rabu, 23 Desember sampai Kamis, 31 Desember 2020,” terangnya.

Sementara itu, untuk kendaraan menuju Jakarta pada periode sembilan hari yang sama, Jasa Marga mencatat sebanyak total 1,1 juta kendaraan. Lalin yang meninggalkan maupun yang menuju Jakarta tersebut merupakan kumulatif arus lalin dari empat GT barrier/utama yang telah disebutkan sebelumnya.

Melihat hal tersebut, masih terdapat sekitar 137 ribu kendaraan yang belum kembali ke Jakarta. Heru memprediksi masih akan bertambah dengan lalu lintas yang meninggalkan Jakarta pada periode Jumat s.d Minggu (1-3 Januari 2021), sehingga prediksi untuk puncak arus balik menuju Jakarta pada hari Minggu (03/01) mencapai 205 ribu kendaraan.

“Guna mengantisipasi potensi kepadatan di jalan tol, Jasa Marga mengimbau agar pengguna jalan dapat mengatur waktu perjalanan kembali ke Jakarta dan memohon kerja sama pengguna jalan untuk menghindari pulang bersamaan di hari Minggu, 3 Januari 2020, yang diprediksi menjadi puncak arus balik untuk libur Natal dan Tahun Baru,” imbuhnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER