Jumat, 29 Maret, 2024

Apresiasi Capaian PTKI, Kemenag Gelar ADIKTIS 2020

MONITOR, Jakarta – Kementerian Agama RI melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam memberikan apresiasi terhadap capaian dan prestasi berbagai bidang Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) melalui ajang Apresiasi Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (ADIKTIS) 2020 yang akan digelar di Grand Mercure Hotel, Jakarta pada Rabu (30/12/2020) dan direncanakan akan dihadiri langsung oleh Menteri Agama RI, KH. Yaqut Cholil Qoumas.

Direktur Diktis Kemenag RI, Prof. Dr. Suyitno, M.Ag berharap gelaran ADIKTIS 2020 dapat memberi inspirasi dan motivasi bagi kampus yang saat ini belum menjadi nomine atau menerima penghargaan, serta dapat menjadi motivasi bagi PTKI yang meraihnya untuk menjadi lebih baik lagi.

Guru Besar UIN Raden Patah Palembang ini lebih lanjut menyampaikan, terdapat 15 kategori dalam apresiasi pendidikan tinggi keagamaan Islam ini, yaitu PTKI Pemilik Jurnal Bereputasi Terbanyak, PTKI dengan Pemilik Hak Kekayaan Intelektual (HaKI) Terbanyak, PTKI dengan Profesor Terbanyak, PTKI dengan Persentase Akreditasi Prodi A/Unggul Terbanyak, PTKI dengan BLU Terbaik dan lain-lain.

“Penghargaan ADIKTIS tahun 2020 lebih fokus pada kelembagaan atau institusi, bukan personal seperti dosen, pustakawan, laboran atau tenaga kependidikan, dengan mempertimbangkan kinerja secara kolektif dan bersama-sama”, lanjutnya.

- Advertisement -

Di tempat terpisah, Prof. Agus Sartono, Deputi Pendidikan dan Agama Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, menyatakan bahwa target APK PT (Perguruan Tinggi) pada tahun 2025 adalah 35% kemudian di tahun 2035 adalah 50% dan tahun 2045 adalah 60%,” terangnya.

“Maka tanpa peningkatan kapasitas PT target tersebut tidak akan dapat diwujudkan. Alternatif peningkatan akses dapat dilakukan dengan membangun PT baru, merevitalisasi PT lama atau transformasi PTKI sehingga kapasitas meningkat,” tegasnya.

Berdasarkan hal itu, Agus Sartono, sangat mengapresiasi kegiatan ADIKTIS. “Oleh karena itu, apresiasi pendidikan tinggi keagamaan Islam atau ADIKTIS sudah sangat tepat dalam rangka peningkatan kapasitas yang disertai dengan governance pengelolaan PTKI”.

Deputi Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat, dan Kebudayaan (PMMK), Bappenas, Dr. Ir. Subandi Sardjoko, mengapresiasi kegiatan Adiktis tersebut sebagai bukti Kementerian Agama mengakui kinerja dan prestasi PTKI. “Kedepan diharap PTKI terus berprestasi melakukan riset dan menghasilkan inovasi dan kemitraan dengan dunia usaha harus ditonjolkan,” katanya.

Sebagai informasi, Adiktis 2020 mengundang beberapa unsur dari pejabat eselon satu di lingkungan kementerian Agama, termasuk pimpinan perguruan tinggi keagamaan Islam (PTKI) baik negeri maupun swasta. Kegiatan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat termasuk mewajibkan rapid test antigen bagi para undangan yang hadir.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER