Amirsyah Tambunan Jadi Sekjen MUI, Politikus PAN: Sangat Tepat

"Dr. Amirsyah ini tentu sudah sangat paham budaya dan budaya kerja di MUI“

Anggota Komisi IX DPR RI, Saleh Partaonan Daulay, (dok: Fraksi PAN)

MONITOR, Jakarta – Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN), Saleh Partaonan Daulay, mengungkapkan bahwa sangat tepat posisi Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) diamanahkan kepada Amirsyah Tambunan.

“Saya mengucapkan selamat atas amanah yang diembankan kepada KH Dr. Amirsyah Tambunan sebagai Sekjen MUI. Saya meyakini bahwa poisisi ini sudah sangat tepat diamanahkan kepada beliau,” ungkapnya dalam keterangan tertulis yang diterima MONITOR, Jakarta, Sabtu (28/11/2020).

Pasalnya, Saleh mengatakan, Amirsyah Tambunan adalah orang yang sudah berkecimpung lama di MUI Pusat, yakni tidak kurang dari 20 tahun.

“Dr. Amirsyah ini tentu sudah sangat paham budaya dan budaya kerja di MUI. Karena itu, ketika memulai aktivitasnya sebagai sekjen, beliau tidak akan memulai dari awal lagi. Apalagi, sebelum ini beliau sudah mengemban amanah sebagai wakil sekjen. Tentulah tugas-tugas sebagai sekjen sudah sangat akrab dan tidak asing lagi,” katanya.

Selain itu, Saleh menilai, sosok Amirsyah Tambunan dikenal cukup luas pergaulannya. Selain bergaul dengan ormas-ormas keagamaan Islam, menurut Saleh, Amirsyah Tambunan juga dikenal luas di organisasi lintas agama dan civil society.

Mantan Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah itu menyampaikan, hal tersebut tentu akan menjadi modal utama Amirsyah Tambunan dalam merajut kohesivitas sosial di tingkat internal umat dan antar umat beragama dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Sekjen MUI tentu harus diterima di semua kalangan. Termasuk di kalangan lintas organisasi keagamaan. Ini akan menjadi modal untuk tetap menjaga kesejukan dan keteduhan dalam kehidupan kita sehari-hari,” ujar Saleh.

Saleh menuturkan, hal lain yang penting diketahui adalah Amirsyah Tambunan ini juga mengerti menjaga hubungan baik dengan pemerintah. Kalaupun selama ini ada kritik dan saran yang diungkapkan, semua itu tentu diarahkan pada upaya membangun tata pemerintahan yang lebih baik.

Hal itu, lanjut Saleh, tentu sejalan dengan orientasi MUI yang selalu menjaga keseimbangan hubungan antara ulama dan umara.

“Sekali lagi saya ucapkan selamat kepada seluruh pengurus MUI yang baru, khususnya kepada Dr. Amirsyah Tambunan. Semoga dapat memberikan yang terbaik bagi agama, bangsa dan negara yang kita cintai ini,” ungkapnya.

Sekadar informasi, Musyawarah Nasional (Munas) ke-X MUI telah digelar pada Kamis (26/11/2020) lalu.

Munas tersebut menetapkan Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Miftachul Akhyar, sebagai Ketua Umum MUI periode 2020-2025. Sementara di posisi Sekjen ditempati Amirsyah Tambunan, perwakilan dari Muhammadiyah.