KPU Depok Harap Debat Paslon Jadi Ajang Adu Gagasan

Foto: Boy Rivalino

MONITOR, Depok – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok akan menyelenggarakan debat bagi pasangan calon (Paslon) Walikota dan Wakil Walikota pada Pilwalkot 2020. Debat yang akan disiarkan secara langsung di stasiun televisi tersebut, digelar pada Minggu (22/11) sore.

Ketua KPU Kota Depok, Nana Shobarna mengatakan, debat publik adalah salah satu metode kampanye yang difasilitasi oleh pihaknya untuk memaksimalkan kampanye masing-masing Paslon. Debat publik pertama ini disiarkan di iNews TV mulai pukul 15.00-17.00.

“Kami sangat berharap masyarakat dapat menyaksikan debat tersebut karena akan disiarkan secara langsung. Selain itu, juga bisa ditonton melalui live streaming youtube KPU Kota Depok,” katanya saat dikonfirmasi, Sabtu (21/11) malam.

Nana menjelaskan, momentum debat publik dapat dimanfaatkan oleh masing-masing Paslon untuk menyampaikan visi, misi, dan program kerja. Sebab, kata dia, acara tersebut disaksikan oleh seluruh masyarakat Indonesia, khususnya Kota Depok.

“Kami juga ingin dengan dilaksanakan debat ini dapat menjadi salah satu referensi bagi pemilih, untuk menggunakan hak pilihnya kelak pada 09 Desember mendatang,” jelasnya.

Nana mengungkapkan, acara tersebut juga bakal diselenggarakan dengan protokol kesehatan. Jumlah peserta dibatasi hanya sekitar 40 orang.

“Terdiri dari masing-masing Paslon dan perwakilan tim kampanye sebanyak 10 orang, KPU Kota Depok 10 orang, Bawaslu Kota Depok 10 orang, Forkopimda enam orang, KPU dan Bawaslu Jabar masing-masing satu orang,” ungkapnya.

Sebagai Informasi KPU Kota Depok akan menyelenggarakan Debat Publik kedua pada 30 November Pukul 19.00-21.00 di Kompas TV dan debat ketiga pada 04 Desember Pukul 19.00-21.00 di TV One.