Ada Pekerjaan Proyek, Jasa Marga Rekayasa Lalulintas di Tol Cipularang

Rekayasa lalu lintas pada Jalan Tol Cipularang/ dok: istimewa

MONITOR, Purwakarta – Sebagai pengelola Jalan Tol Jakarta – Cikampek II Selatan, PT Jasa Marga melalui anak usahanya PT Jasamarga Japek Selatan (JJS) terus melanjutkan penyelesaian pembangunan jalan tol tersebut.

PT JJS akan melaksanakan pekerjaan pembongkaran jembatan overpass eksisting yang berada di Ruas Jalan Tol Cipularang tepatnya KM 76+200 arah Jakarta, pada 19 November 2020. Pekerjaan akan dilakukan antara pukul 00.00 s.d 04.00 WIB secara situasional.

Pemimpin Proyek Paket 3 PT Jasamarga Japek Selatan, Sudjianto, mengatakan pihaknya terus memastikan keamanan dan keselamatan pengguna jalan. Salah satu upaya yang ditempuh, yakni melakukan koordinasi dengan Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMT) sebagai pengelola Jalan Tol Cipularang dan pihak Kepolisian.

“Untuk melakukan rekayasa lalu lintas pada Jalan Tol Cipularang baik dari arah Jakarta menuju Bandung maupun sebaliknya, dengan melakukan buka tutup lajur selama 15 menit secara situasional,” kata Sudjianto, dalam keterangannya, Kamis (19/11).

“Sebagai alternatif perjalanan, pengguna jalan tol menuju arah Bandung dapat melewati Exit Gerbang Tol Sadang kemudian masuk kembali melalui Gerbang Tol Jatiluhur. Sedangkan untuk pengguna jalan tol menuju arah Jakarta dapat melewati Exit Gerbang Tol Jatiluhur dan masuk kembali melalui Gerbang Tol Sadang,” terangnya lagi.

Diketahui, PTT JJS juga telah berkoordinasi dengan instansi terkait antara lain dengan pihak Bina Marga, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Komite Keselamatan Konstruksi (K2), Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan (KKJTJ) untuk persiapan dan pemenuhan persyaratan pekerjaan jembatan tersebut. PT JJS juga memasang rambu-rambu lalulintas sesuai standar pekerjaan, termasuk rambu petunjuk arah guna memberikan informasi yang jelas kepada pengguna jalan, serta menyiagakan petugas pengaturan lalulintas di lokasi pekerjaan.