Kapolda Metro dan Jabar Dicopot, DPR: Polri Butuh Penyegaran

“Saya lihat ini mutasi yang biasa, tidak ada yang istimewa“

Anggota Komisi III DPR RI, Aboe Bakar Alhabsyie

MONITOR, Jakarta – Anggota Komisi III DPR RI, Aboe Bakar Alhabsyi, mengungkapkan bahwa tidak ada hal yang istimewa terkait pencopotan Kapolda Metro Jaya dan Jawa Barat (Jabar).

“Saya lihat ini mutasi yang biasa, tidak ada yang istimewa,” ungkapnya dalam keterangan tertulis, Jakarta, Senin (16/11/2020).

Buktinya, menurut pria yang akrab disapa Habib itu, pada 12 November 2020 lalu, Indonesia Police Watch (IPW) sudah memprediksi bakal ada mutasi di tubuh Polri.

“Polri ini butuh penyegaran, regenerasi harus jalan, memang sudah waktunya ada pergeseran,” ujar Politikus PKS itu.

Apalagi, Habib mengatakan, Kapolri Jenderal Pol Idham Azis akan pensiun di awal 2021 mendatang, sehingga perlu ada penggantinya.

“Makanya dapat dipastikan dalam waktu dekat akan ada dua sampai tiga jenderal bintang dua yang bakal naik menjadi bintang tiga,” katanya.

Habib menilai, para perwira yang naik menjadi jenderal bintang tiga itu dipastikan akan masuk dalam bursa calon Kapolri untuk menggantikan Idham Azis.

Selain itu, lanjut Habib, setidaknya ada 30 jenderal Polri yang bakal pensiun mulai dari November, Desember 2020 hingga Januari 2021.

“Tentunya posisi yang ditempati juga perlu diganti yang baru. Kita berharap para pejabat baru segera adaptasi dengan lapangan, karena menjelang pilkada, misalkan saja di Kalsel ada Pilgub, jadi Kapolda baru akan baik segera menyesuaikan,” ungkapnya.

Seperti diketahui, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sudjana dan Kapolda Jabar Irjen Pol Rudy Sufahriadi dicopot dari jabatannya.

Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Argo Yuwono, menyampaikan bahwa Nana dan Rudy dicopot lantaran tidak melaksanakan perintah terkait pengamanan protokol kesehatan Covid-19.

“Ada dua Kapolda yang tidak melaksanakan perintah dalam menegakkan protokol kesehatan, maka diberikan sanksi berupa pencopotan, yaitu Kapolda Metro Jaya dan Kapolda Jawa Barat,” ujarnya di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (16/11/2020).

Menurut Argo, posisi Kapolda Metro Jaya akan diisi oleh Irjen Pol Fadil Imran. Sedangkan posisi Kapolda Jabar yang ditinggalkan Rudy bakal diisi oleh Irjen Pol Ahmad Dofiri.

Irjen Pol Nana Sudjana menjabat Kapolda Metro Jaya sejak akhir Desember 2019. Sebelumnya, Nana merupakan Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB).

Sementara Irjen Pol Rudy Sufahriadi menjabat Kapolda Jabar sejak 26 April 2019. Sebelumnya, Rudy menjabat sebagai Asisten Operasi Kapolri.