Permudah Penyaluran Bantuan, Poktan di Kapuas Diberi Kartu Tani

Kartu Tani

MONITOR, Kapuas – Kelompok Tani (Poktan), Hatantiring Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah (Kalteng) diberikan kartu tani. Hal ini untuk mempermudah mendapat bantuan dari pemerintah berupa subsidi pupuk, saprodi dan alat pertanian (Alsintan), serta bantuan lain.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan, Program Kartu Tani merupakan program nasional di bidang pertanian yang menguntungkan guna meningkatkan kesejahteraan petani. Kartu tani merupakan kartu debit seperti ATM dan bisa digunakan para petani untuk berbagai kebutuhan dan memenuhi keperluan pertaniannya.

“Keberadaan kartu tani diharapkan membawa dampak yang positif bagi semua kalangan. Tidak hanya bagi pemerintah dan pihak terkait saja, melainkan yang paling penting adalah manfaat bagi para petani,” ujar Mentan SYL, Minggu (15/11).

Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan, Sarwo Edhy menjelaskan, dengan memiliki Kartu Tani, petani mendapat kepastian dalam memperoleh pupuk bersubsidi.

“Dengan adanya kartu tani, nantinya para petani dapat menggunakannya dalam membeli pupuk bersubsidi. Langkah seperti ini juga efektif dalam menyalurkan pupuk bersubsidi tepat sasaran,” jelas Sarwo Edhy.

Dengan menggunakan kartu tani, para petani pun dapat mengajukan kredit usaha di lembaga perbankan dan keuangan yang telah ditunjuk oleh pemerintah. Kartu tani ini pun digunakan untuk memverifikasi data para petani ketika melakukan pengajuan pinjaman kredit usaha.

“Dengan demikian, semua proses akan berjalan lancar karena data-data yang ada langsung masuk ke kartu tani tersebut,” jelasnya.

Pembagian Kartu Tani dilakukan oleh Lurah Selat Utara Rahmad M Noor dihadiri tokoh masyarakat, Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL), Mantri Tani dan semua anggota poktan Hatantiring, Jumat (13/11).

Kartu tani ini sangat membantu petani untuk mendapatkan subsidi pupuk, mudah mendapatkan bantuan-bantuan pemerintah, karena data yg dimasukan lewat sistem informasi pertanian Indonesia (SINPI) di Kementerian Pertanian,” kata Lurah Selat Utara Rahmad M Noor.

Penyaluran kartu tani disalurkan kepada anggota kelompok tani dimana diberikan kepada 24 orang anggota Gapoktan Hatantiring RT. 07 Kelurahan Selat Utara.

Ia berharap bantuan kartu tani dapat mempermudah program pertanian dalam mendapat bantuan, mengingat Program Nasional Ketahanan Pangan di Kabupaten Kapuas sedang digalakan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Program food estate dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kalteng khusus Kabupaten Kapuas,” pungkasnya.