Kamis, 18 April, 2024

Sukamta: Kemenangan Biden Memberikan Harapan Stabilitas

“Selamat kepada Joe Biden dan rakyat AS yang memiliki presiden baru“

MONITOR, Jakarta – Wakil Ketua Bidang Politik Hukum dan HAM Fraksi PKS DPR RI, Sukamta, mengucapkan selamat atas terpilihnya Joe Biden dalam Pilpres Amerika Serikat (AS) 2020.

Sukamta mengungkapkan bahwa hasil Pilpres AS 2020 akan berdampak terhadap dinamika politik global dan pengaruh baik secara langsung atau tidak langsung kepada Indonesia, terutama dalam hubungan politik ataupun ekonomi baik secara bilateral atau regional.

“Selamat kepada Joe Biden dan rakyat AS yang memiliki presiden baru. Kemenangan Biden ini memberikan harapan stabilitas di beberapa kawasan dan melemahnya ketegangan ekonomi AS dengan China yang secara tidak langsung akan berdampak kepada ekonomi Indonesia,” ungkapnya dalam keterangan tertulis, Jakarta, Minggu (8/11/2020).

Sukamta yang juga menjadi Ketua Badan Pembinaan dan Pengembangan Luar Negeri (BPPLN) DPP PKS itu menyoroti slogan Joe Biden dalam pilpres kali ini, yaitu ‘to restore dignified leadership at home and respected leadership on world state’.

- Advertisement -

Menurut Sukamta, Joe Biden akan lebih halus dibandingkan dengan Donald Trump.

“Walaupun memiliki tujuan mirip yaitu berusaha mengembalikan peran AS sebagai negara super power dunia. Selain itu, secara tradisi apabila pemerintahan  dipimpin oleh Partai Demokrat maka isu-isu yang diangkat biasanya terkait dengan demokrasi, perubahan iklim dan HAM. Isu-isu ini yang akan berhubungan secara tidak langsung dalam diplomasi dengan Indonesia,” ujarnya.

Selain mengucapkan selamat kepada Joe Biden, Sukamta juga berpesan kepada Pemerintah Indonesia agar memaksimalkan perubahan pucuk pimpinan di AS itu untuk kepentingan Indonesia, secara khusus dalam bidang ekonomi dan pertahanan keamanan.

Sedangkan dalam hal posisi Indonesia sebagai Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Sukamta mengatakan, Indonesia bersama AS harus terus mendorong perdamaian dunia seperti penyelesaian konflik berkepanjangan di Timur Tengah, Laut China Selatan dan secara khusus perjuangan kemerdekaan Palestina.  

Seperti diketahui, Joe Biden dalam perhitungan yang mendekati akhir dipastikan akan menjadi Presiden AS setelah suaranya unggul jauh dari Donald Trump dalam Pilpres AS 2020.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER