Jokowi Ucapkan Selamat kepada Biden-Harris

“Kemenangan besar ini adalah refleksi dari harapan atas demokrasi”

Presiden RI Joko Widodo/ dok: IG Jokowi

MONITOR, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui akun instagram resminya mengucapkan selamat atas terpilihnya Joe Biden dan Kamala Harris dalam Pilpres Amerika Serikat (AS) 2020.

“Selamat kepada @JoeBiden dan @KamalaHarris dalam pemilu historis ini. Kemenangan besar ini adalah refleksi dari harapan atas demokrasi,” ungkapnya Jokowi dalam akun instagramnya pada Minggu (8/11/2020).

Jokowi juga menyampaikan keinginannya untuk bekerjasama dengan AS di bawah kepemimpinan Biden-Harris nanti.

“Saya menantikan kerja sama untuk memperkuat kemitraan strategis Indonesia-AS dan mendorong kerja sama di bidang ekonomi, demokrasi dan multilateralisme bagi kepentingan rakyat kedua negara,” ujarnya.

Seperti diketahui sebelumnya, setelah empat hari, kandidat Partai Demokrat Joe Biden memenangkan Pilpres AS 2020 pada Sabtu (7/11/2020) sebagaimana diberitakan sejumlah media.

Kepastian itu diperoleh setelah Biden merebut Pennsylvania dan Nevada sehingga total sementara perolehan suara elektoral bagi Biden adalah 290 suara elektoral atau 20 suara elektoral lebih banyak dari batas 270 suara elektoral agar dapat memenangkan Pilpres AS tahun ini.

Biden yang akan menjadi presiden AS yang ke-46 itu masih bisa menambah 16 suara elektoral dari Georgia dan tengah membuntuti Trump di North Carolina yang memiliki 15 suara elektoral.

Biden bersama Kamala Harris juga unggul baik dalam suara elektoral maupun popular vote setelah juga melampaui Trump dalam jumlah popular vote, 75 juta suara melawan 70,6 juta suara.

Sementara itu, rival Biden dari Partai Republik yang juga Presiden AS petahana Donald Trump, pada Sabtu (7/11/2020), mengatakan bahwa pihaknya akan mulai mengajukan kasus sengketa hasil pemilu AS ke pengadilan pekan depan, setelah sejumlah media melaporkan kemenangan Biden dan Trump menyebut pilpres ini sama sekali belum selesai.

Sekadar informasi, jika tak ada aral melintang, pasangan Biden-Harris dijadwalkan dilantik pada 20 Januari 2021. Mereka akan memimpin AS selama lima tahun ke depan atau hingga 2025 mendatang.