RI Nyalon Tuan Rumah Olimpiade 2032, Jokowi: Bukan Gagah-gagahan!

Presiden RI Joko Widodo/ dok: IG Jokowi

MONITOR, Jakarta – Indonesia tengah mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032. Presiden Joko Widodo bertekad menawarkan diri, karena merasa sukses menjadi tuan rumah Asian Games dan Asian Para Games 2018 lalu.

“Untuk pencalonan ini, kita bersaing dengan Australia, Jerman, Unifikasi Korea, Qatar, RRT, dan India,” ujar Jokowi dalam keterangannya, Rabu (4/11).

Jokowi menegaskan, pencalonan ini harus dijadikan sebagai momentum untuk menata diri, memperbaiki yang selama ini masih kurang, dari penyiapan infrastruktur keolahragaan, prestasi atlet, visibilitas global sebagai kota penyelenggara, dan sebagainya.

“Pencalonan jadi tuan rumah Olimpiade bukanlah untuk gagah-gagahan, melainkan salah satu cara untuk meningkatkan citra dan martabat bangsa,” kata Jokowi tegas.

Sebagaimana diketahui, Komite Olimpiade Internasional (IOC) telah menetapkan norma baru untuk tuan rumah Olimpiade yang lebih sederhana dan hemat biaya. Adapun penentuan tuan rumah ini akan ditetapkan di 2024 dan proses seleksi dimulai selambat-lambatnya 2023.