Selasa, 19 Maret, 2024

PDIP Sebut Anak Muda Punya Peran Lebih Hadapi Dampak Covid-19

“Generasi muda mempunyai tanggung jawab yang besar untuk membawa bangsa ini lebih hebat lagi”

MONITOR, Jakarta – Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Bidang Pemuda dan Olahraga, Eriko Sotarduga, mengungkapkan bahwa Sumpah Pemuda yang akan diperingati pada Rabu (28/10/2020) sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena dirayakan dengan suasana pandemi Covid-19. 

Eriko mengingatkan, sepanjang tahun ini, situasi sulit tengah dihadapi oleh bangsa Indonesia dan dunia akibat pandemi Covid-19, yang bahkan sudah diprediksi oleh International Monetary Fund (IMF) bahwa dunia akan mengalami kerugian mencapai USD12 triliun.

Meski demikian, Eriko menuturkan, di tengah pandemi Covid-19 ini, ekonomi di Indonesia masih terus bertahan. Menurut Eriko, hal ini dikarenakan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang banyak dimotori oleh kalangan muda.

Artinya, Eriko menegaskan bahwa pemuda memiliki peran yang besar dalam membantu bangsa menghadapi pandemi Covid-19.

- Advertisement -

“Apa yang luar biasa yang bisa membuat ini semua ini bertahan? UMKM. Dan ini umumnya ditangani oleh orang-orang muda, ditangani oleh generasi muda,” ungkapnya saat Rakorbidnas Bidang Pemuda dan Olahraga dengan tema Optimisme dan Peran Serta Pemuda di Masa Pandemi Covid-19 secara virtual, Jakarta, Selasa (27/10/2020).

Eriko mencontohkan bagaimana kreatifnya anak muda membaca peluang, salah satunya berkreasi melalui masker yang menjadi kebutuhan utama saat pandemi Covid-19. Karena itu, DPP PDIP Bidang Pemuda dan Olahraga mengadakan lomba desain masker yang diikuti oleh pelajar dan mahasiswa. 

Eriko mengatakan, sudah ada 120 peserta yang mengikuti desain ini. Bahkan ini sudah dinilai oleh dewan juri yang merupakan budayawan dan salah satu jurinya adalah Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto.

“Ini menjadi role model nanti bisa diterapkan di tingkat kabupaten, di tingkat DPD, maupun saudara-saudaraku yang berada di ormas maupun komunitas juang PDI Perjuangan. Karena ini tidak membutuhkan modal yang besar. Dan kami juga ingin membantu, bergotong royong bersama seluruh kader PDI Perjuangan untuk memfasilitasi ini,” katanya.

Selain itu, lanjut Eriko, dalam menyambut sumpah pemuda ini pihaknya juga mengadakan webinar dengan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, VP of Corporate Services TaniFund Astri Purnamasari dan Pendiri Komunitas Bisa Ekspor Julio Halim untuk melihat peran anak muda memberikan sumbangsih untuk masyarakat Indonesia. 

Menurut Eriko, hal itu untuk melihat bahwa generasi muda mempunyai tanggung jawab yang besar membawa bangsa Indonesia lebih baik lagi, sebagaimana pesan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

“Bahwa generasi muda mempunyai tanggung jawab yang besar untuk membawa bangsa ini lebih hebat lagi ke depan ini. Apapun masa depan dunia, salah satu ditentukan oleh Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujarnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER