Jumat, 29 Maret, 2024

Tak Ingin Gagal, Ini Langkah Pradi-Afifah Kembangkan UMKM di Depok

MONITOR, Depok – Ketua Sohib Bang Pradi, H.S Purnomo menyatakan, pasangan wali kota dan wakil wali kota Depok nomor urut 1, Pradi Supriatna dan Afifah Alia akan fokus mengembangkan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Hal itu merupakan salah satu dari 10 program unggulan pasangan Pradi-Afifah di Pilwalkot Depok 2020.

Purnomo mengatakan, saat ini sejumlah kios-kios UMKM di beberapa tempat di Kota Depok banyak yang belum maksimal dimanfaatkan. Bahkan, kata dia, tidak sedikit kios UMKM yang terbengkalai dengan begitu saja.

“Ini sangat kita sayangkan, padahal untuk membangun kios-kios (UMKM) itu anggaran yang dikeluarkan tidak sedikit,” kata Purnomo kepada MONITOR, Senin (12/10).

- Advertisement -

Karena itu, kata Purnomo, jika nantinya terpilih menjadi wali dan wakil wali Kota Depok, pasangan Pradi-Afifah akan fokus membenahi UMKM, sehingga ekonomi pelaku usaha meningkat.

Caranya, jelas Purnomo, dengan memberikan pendampingan dan pembinaan, memperbaiki manajemen administrasi dan tata kelola, serta melatih para pelaku usaha tentang bagaimana menjalankan kewirausahaannya.

“Jika memang dibutuhkan, para pelaku UMKM ini akan kita berikan akses pembiayaan dan akses pasar, sehingga mereka akan prospektif dalam menjalankan usahanya,” ujarnya

Lebih lanjut Purnomo mengatakan, agar nantinya terwujud akselerasi kapasitas usaha dan perluasan pasar produk UMKM-nya, maka akan diberikan fasilitas temu bisnis dan konsultasi bisnis.

Hal tersebut, tegas dia, bertujuan untuk memberikan apresiasi dan menggalang komitmen dalam rangka mengembangankan kewirausahan para pelaku UMKM.

“Dengan upaya tersebut, para pelaku UMKM kami yakini akan benar-benar prospektif dalam menjalankan roda usahanya,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER