Sudah Mengaku Jurnalis, Tapi Ponco Tetap Diangkut Petugas

“Saya sedang meliput saat itu, lalu ada petugas yang datang dan mengangkut saya dengan yang lain”

Jurnalis Merahputih.com, Ponco Sulaksono, saat berada di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (9/10/2020). (Istimewa)

MONITOR, Jakarta – Akhirnya jurnalis Merahputih.com, Ponco Sulaksono, diketemukan. Ponco yang sedang meliput aksi unjuk rasa penolakan UU Omnibus Law Cipta Kerja (Ciptaker) di sekitar Monas, Gambir, Jakarta Pusat, ternyata turut diamankan ke Polda Metro Jaya.

“Ya, saya sedang meliput saat itu, lalu ada petugas yang datang dan mengangkut saya dengan yang lain. Saya sudah bilang kepada petugas saya wartawan. Tapi juga tak mengerti, saat itu saya berada di Monas,” ungkap Ponco Sulaksono seperti dikutip dari JakartaNews.id, Jakarta, Jumat (9/10/2020).

Sementara itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus, membenarkan keberadaan Ponco di Polda Metro Jaya tersebut

“Ada di Tahti (Direktorat Tahanan dan Barang Bukti), lagi diambil keterangan,” ujarnya saat dihubungi.

Namun, Yusri belum menjelaskan kronologi kenapa seorang jurnalis seperti Ponco Sulaksono juga ikut diamankan oleh polisi.

Sebelumnya, seorang jurnalis bernama Ponco Sulaksono hilang kontak saat meliput aksi unjuk rasa UU Omnibus Law Ciptaker di kawasan Gambir, Jakarta Pusat.

Ponco belum diketahui keberadaannya hingga tengah malam. Dari keterangan pers yang didapat, keberadaan Ponco belum diketahui hingga pukul 23.30 WIB, Kamis (8/10/2020). Posisi terakhir Ponco diketahui di sekitar Gambir, Jakarta Pusat.

“Terakhir Ponco Sulaksono mengirim berita melaporkan situasi demo penolakan UU Omnibus Law di kawasan Gambir ke redaksi 15.14 WIB. Beberapa saksi yang memberikan informasi, saat terjadi bentrokan antara massa dengan aparat sore tadi, Ponco Sulaksono diamankan saat berada di Gambir, Jakarta Pusat,” kata Kepala Kompartemen News Merahputih.com, Alwan Ridha Ramdani, dalam keterangan resminya, Jakarta, Kamis (8/10/2020) malam.

Menurut Alwan, tim redaksi Merahputih.com sudah berupaya mencari Ponco ke rumah sakit sekitar Gambir tetapi tidak membuahkan hasil. Mereka lantas berkoordinasi dengan LBH Pers Jakarta untuk terus mencari keberadaan Ponco.

“Untuk itu, kami dari merahputih.com meminta jika benar Ponco Sulaksono turut diamankan oleh pihak kepolisian saat demo hari ini bisa memberikan kabar ke pihak redaksi untuk memberikan pendampingan,” ungkapnya.