BERITA

Pengamat: Jakarta Harus Terdepan dalam Keterbukaan Informasi Publik

MONITOR, Jakarta – Hari Hak Untuk Tahu Sedunia (The International Right To Know Day) yang jatuh hari ini, 28 September, harus dijadikan ajang kebebasan dalam mengakses informasi. Hal demikian diungkapkan Ketua Solidaritas Aksi Perubahan Untuk Jakarta (Sapu Jakarta), Harry Ara Hutabarat.

Menurut Ara, seluruh masyarakat dunia saat ini memperingati Hari Hak Untuk Tahu Sedunia. Tema peringatan tahun ini “Tantangan Strategi keterbukaan informasi dengan adaptasi kebiasaan baru”.

“Gagasan dari perayaan ini adalah meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa mereka memiliki hak dan kebebasan dalam mengakses informasi publik. Indonesia pun, sejalan dengan asas demokrasinya, turut mendukung hak publik,” ujarnya.

Ara yang belum lama terpilih mejandi Komisioner Komisi Informasi Provinsi (KIP) ini pun mengatakan, Jakarta sebagai Ibukota, senantiasa diharapkan selalu terdepan dalam hal Keterbukaan Informasi Publik.

Dijelaskannya, dalam konteks keterbukaan informasi publik bukan hanya milik sebuah lembaga melainkan ada masyarakat luas untuk menggunakan hak konstitusionalnya dalam mengakses atau memohon informasi yang dibutuhkan.

“Kepada Masyarakat Ibukota, khsusus untuk Badan Publik jadikanlah Keterbukaan Informasi Publik sebagai cara memajukan Badan Publiknya. Berikan akses seluasnya kepada masyarakat dan untuk informasi yang dikecualikan jagalah ketat informasi itu sesuai dengan hasil uji konsekuesi,” terangnya.

Tak hanya itu, Ara pun mengajak, setiap orang di jakarta gunakanlah hak memohon informasi kepada Badan Publik negara (Eksekutif, Legislatif dan Yudikatif) serta Badan Publik Non Negara (BUMD, LSM, ORGANISASI, Badan Hukum, dll) kualifiaksi sesuai ketentuan perundangan.

‘Selamat memperingati Hari Hak Untuk Tau Sedunia. Ingat bukan sekedar peringatan untuk tau, tapi mari terus berjuang untuk mendapatkan Hak Untuk Tahu. Selamat mencerdaskan dan mensejahterakan Masyarakat informasi Di Ibukota. Jakarta kita milik Publik Jakarta,” pungkasnya

Recent Posts

Yandri Susanto: Pemilu Telah Usai, Mari Bersatu Kembali

MONITOR, Jakarta - Wakil Ketua MPR RI H Yandri Susanto S.Pt mengajak seluruh masyarakat Indonesia…

2 menit yang lalu

Pelatih Indra Sjafri Panggil 37 Pemain untuk Ikuti TC Tim U-20 di Jakarta

MONITOR, Jakarta - Tim U-20 Indonesia kembali menjalani pemusatan latihan (TC) di Jakarta mulai Minggu…

5 jam yang lalu

Menag Lantik Rektor IAIN Takengon dan IAIN Sorong

MONITOR, Jakarta - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas hari ini, Senin (29/04/2024)melantik Rektor Institut Agama…

7 jam yang lalu

Local Hero Pertamina Group Sabet 8 Penghargaan Kementerian LHK 2024

MONITOR, Jakarta – Pertamina Group berhasil memboyong 8 penghargaan pada ajang Festival Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan…

8 jam yang lalu

KORNAS PJN Gelar Doa Bersama Pasca Penetapan Prabowo-Gibran oleh KPU

MONITOR, Pemalang - Koordinator Nasional Pergerakan Jiwa Nusantara (KORNAS PJN) menggelar acara doa bersama dan…

9 jam yang lalu

Wacana Kenaikan Tarif KRL Ancam Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat Berpenghasilan Rendah

MONITOR, Jakarta - Wacana kenaikan tarif Commuter Line oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan menempatkan masyarakat Jabodetabek pada tantangan…

9 jam yang lalu