Hadapi Pandemi, Sodik Mudjahid Imbau Masyarakat Terapkan Nilai-nilai Kebangsaan

Anggota DPR RI Sodik Mudjahid

MONITOR, Bandung – Pandemi covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia berdampak luas bagi kehidupan masyarakat. Ya, selain soal kesehatan, pandemi juga turut memporaporandakan sektor ekonomi yang berimbas pada perekonomian rumah tangga.

Anggota DPR RI Sodik Mudjahid mengatakan kondisi seperti ini menjadi tantangan serius bagi masyarakat dalam menghadapi segala bentuk perubahan kehidupan yang terjadi akibat pandemi.

“Pamdemi ini memunculkan banyak tantangan bagi masyarakat. Banyak perubahan kehidupan yang sebelumnya kita tidak pernah persiapkan, seperti harus mendampingi anak belajar daring di rumah dan sejumlah dampak ekonomi yang menerpa rumah tangga,” kata Sodik saat melakukan sosialisasi nilai-nilai kebangsaan di Bandung, Jumat (11/9).

Untuk itu, lanjut politisi gerindra kelahiran Bandung, 2 Agustus 1959 tantangan ini menurutnya juga berpengaruh pada kehidupan sosial yang dialami masyarakat saat ini.

“Untuk menghadapi dampak dari perubahan yang terjadi, penanaman nilai-nilai empat konsensus kebangsaan seperti Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI di lingkungan keluarga sangat penting dilakukan,” imbuhnya.

“Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, semangat nilai-nilai kebangsaan yang terkandung dalam UUD 1945 urgent diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,” tutup Sodik.