Kamis, 25 April, 2024

KKB Tembaki Pesawat Dabi Air Saat Akan Mendarat di Bilorai

Diduga, tembakan tersebut untuk menghambat proses evakuasi Serka Sahlan.

MONITOR, Jayapura – Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) menembaki Pesawat Dabi Air PK DPG saat hendak mendarat di Bandara Bilorai, Intan Jaya, Papua, Jumat (18/9/2020), sekitar pukul 08.38 WIT.

“Diperkirakan telah terjadi tembakan sebanyak dua kali yang berasal dari ujung Bandara Bilorai Kampung Bilogai dengan jarak 300 meter dari Runway 09 yang dilakukan oleh KKB terhadap Pesawat Dabi Air PK DPG,” ungkap Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal, dalam keterangan resminya, Jakarta, Jumat (18/9/2020).

Musthofa mengatakan, pada pukul 08. 48 WIT, pesawat kemudian mendarat di Bandara Bilorai guna melakukan pengecekan terhadap badan pesawat, namun tidak ditemukan bekas atau tanda akibat terkena tembakan.

“Usai mengecek kondisi pesawat, kemudian dilakukan penyisiran di sekitar lokasi selama kurun 30 menit namun tidak ditemukan tanda-tanda keberadaan KKB. Usai situasi dinilai aman, penerbangan kemudian dilanjutkan,” katanya.

- Advertisement -

Musthofa menyampaikan bahwa tembakan yang diduga dilakukan oleh KKB terhadap Pesawat Dabi Air PK DPG itu merupakan upaya dalam menghambat proses evakuasi almarhum Serka Sahlan dari Kabupaten Intan Jaya ke Kabupaten Nabire.

“Sebelum Pesawat Rimbun Air PK OTJ tiba di Bandara Bilorai untuk mengevakuasi almarhum Serka Sahlan, pada pukul 08.38 WIT telah terdengar bunyi tembakan sebanyak dua kali terhadap Pesawat Dabi Air PK DPG dari ketinggian diperkirakan dari ujung Bandara Bilorai dengan jarak kurang lebih 300 meter dari Runway, namun tidak mengenai badan pesawat,” ujarnya.

Musthofa menambahkan, aparat gabungan TNI/Polri masih terus melakukan pengejaran terhadap para pelaku penembakan.

“Personel masih melakukan pengamanan di sekitar Kota Sugapa untuk mengantisipasi gangguan kamtibmas,” ungkapnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER