Demokrat Desak Kemenkes Segera Terbitkan Standar Harga Tes Swab

Ketua DPP Partai Demokrat Jansen Sitindaon (dok: net)

MONITOR, Jakarta – Mahalnya biaya test swab mandiri membuat politisi Demokrat, Jansen Sitindaon, geleng-geleng. Ia menyadari tingginya harga test swab ini tidak dapat dijangkau oleh semua kalangan.

Wakil Sekjen DPP Demokrat ini menyarankan, sebaiknya pemerintah bersikap cepat untuk membuat standar harga tes swab. Jansen berharap biayanya nanti sama merata di seluruh rumah sakit, sehingga bisa diakses masyarakat.

“Karena swab test adalah kunci deteksi corona, baiknya pemerintah dan Kemenkes segera keluarkan aturan standarisasi harga tes swab mandiri. Buat terjangkau dan harganya sama di semua rumah sakit,” ujar Jansen Sitindaon, dalam keterangannya, Jumat (18/9).

Lebih lanjut Jansen berharap masukan tersebut didengar dan direspon oleh pemerintah. Apabila ada pihak-pihak tertentu yang mengambil untung di masa pandemi ini, maka ia meminta diberlakukan sanksi pemberatan.

“Semoga didengar pemerintah dan aturannya segera dikeluarkan. Karena sungguh tak tepat ditengah bencana malah mencari keuntungan lebihi kepatutan. Korupsi saja jika ditengah bencana ancamannya langsung hukuman mati. Mencuri ditengah bencana hukumannya di KUHP mendapat pemberatan dll,” tandasnya.