Cegah Corona, DPR Minta Iring-iringan Cakada Dibatasi

Wakil Ketua DPR RI Fraksi Golkar Aziz Syamsuddin (dok: kompas)

MONITOR, Jakarta – Wakil Ketua DPR RI Aziz Syamsuddin mengingatkan agar pendaftaran bakal calon peserta pilkada 2020 tidak memunculkan kluster baru penyebaran virus Corona.

“Saya harapkan pelaksanaan pendaftaran Pilkada serentak 2020 bukan menjadi sebuah klaster baru penyebaran Covid-19 saat pendaftaran bakal pasangan calon,” ujar Aziz dalam keterangannya.

Dalam hal iring-iringan calon yang diusung, politikus Golkar ini meminta penyelenggara Pemilu dapat membatasi jumlah pendamping bakal pasangan calon yang masuk saat melakukan pendaftaran.

“Apabila bakal paslon didukung 5 partai, maka cukup perwakilan 1 orang ketua partai di daerah tersebut yang mendampingi. Langkah ini untuk menjaga dan menghindari berkumpulnya massa saat berlangsungnya pendaftaran,” pinta Aziz.

Ia berharap para penyelenggara Pemilu dapat menyiarkan secara langsung proses pendaftaran bakal paslon peserta Pilkada 2020 melalui aplikasi sosial media demi menghindari kerumuman massa.

“Seiring perkembangan teknologi, tentunya ini menjadi sebuah jawaban keinginan masyarakat melihat langsung bakal paslon Pilkada serentak yang didukungnya melalui sosial media saat mendaftar dengan cara yang unik dari setiap paslon,” pungkasnya.