Puan Desak Pemerintah Evaluasi Penanganan Pandemi

Ketua DPR RI Puan Maharani

MONITOR, Jakarta – Ketua DPR RI Puan Maharani mengungkapkan belasungkawa atas meninggalnya seratus dokter yang menangani Covid-19. Dalam rapat paripurna, Puan mendesak agar pemerintah melakukan evaluasi terkait penanganan pandemi ini.

“Kami mengucapkan bela sungkawa, atas gugurnya dokter yang menjadi pahlawan kesehatan dalam menangani pandemi Covid-19. Pemerintah harus memikirkan langkah-langkah cepat agar ketersediaan dokter dan tenaga kesehatan tetap memadai dalam penanganan Covid-19,” ujar Puan usai Rapat Paripurna dalam rangka HUT ke-75 DPR RI, di Gedung Parlemen, Jakarta, Selasa (1/9) kemarin.

Politisi PDI Perjuangan ini mengingatkan, keselamatan dan kesehatan rakyat adalah prioritas pemerintah saat ini. Ia menegaskan dua hal ini harus diutamakan, karena penting dari aspek lainnya.

“Saat ini adalah saat krusial bagi Pemerintah untuk bergotong-royong bersama DPR RI, untuk mengevaluasi. Kalau memang saat ini adalah waktu untuk kita menginjak rem, jangan mempercepat laju dari apa yang menjadi keinginan kita, keselamatan dan kesehatan masyarakat lebih penting dari segala-galanya,” tandasnya.

Selain itu, Puan juga meminta agar pemerintah maksimalkan Puskesmas sebagai garda terdepan penanganan pandemi Covid-19. Puan menerima laporan tentang kapasitas rumah sakit yang berkurang setelah kasus pertama Covid-19 dilaporkan di Indonesia sejak enam bulan lalu.