Kamis, 28 Maret, 2024

Pengamat: Insiden Perusakan Mapolsek Ciracas Ujian Soliditas dan Sinergitas TNI-Polri

MONITOR, Jakarta – Insiden pengrusakan Mapolsek Ciracas Jakarta Timur oleh segerombolan orang pada Sabtu (29/8/2020) dini hari mengundang keprihatinan berbagai pihak. Hingga kini, kepolisian bersinergi dengan TNI masih mendalami peristiwa tersebut.

Pengamat Intelijen, Pertahanan dan Keamanan yang juga penulis buku Soliditas dan Sinergistas TNI-Polri Ngasiman Djoyonegoro mengaku sangat menyesalkan kejadian perusakan tersebut. Insiden ini menurut pria yang akrab disapa Simon itu bisa merusak soliditas dan sinergisitas TNI-Polri yang selama ini dilakukan oleh Panglima TNI dan Kapolri.

“Panglima TNI dan Kapolri sudah bekerja keras menjaga soliditas dan Sinergisitas TNI-Polri. Bahkan Panglima TNI sejak bersama Kapolri Tito sudah melakukannya, jangan sampai ini dirusak oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab,” tegas Simon.

Selain itu, Direktur Eksekutif Center of Inteligent and Strategic Studies (CISS) itu menambahkan bahwa insiden ini perlu diusut tuntas oleh tim gabungan TNI – Polri. Karena itu menunjukkan soliditas dan sinergisitas TNI – Polri tidak akan terganggu oleh kejadian apapun. “Apalagi kejadian tersebut juga menimbulkan kerugian di pihak masyarakat sipil yang tidak tahu permasalahannya,” ujarnya.

Simon menambahkan kejadian insiden kemarin adalah ujian soliditas dan sinergisitas TNI-Polri dalam mendukung Indonesia Maju.

“Saya percaya tim gabungan TNI-Polri akan bisa mengusut tuntas insiden ini. Harus diusut sampai tuntas, demi tegaknya hukum”kata Simon.

Dalam berbagai kesempatan Simon menyampaikan bahwa Soliditas dan
Sinergisitas TNI-Polri sangat penting untuk mendukung stabilitas keamanan nasional.

Apalagi di tengah ujian pandemi Covid-19 yang menjadi ujian bagi seluruh dimensi nasional kita sebagai bangsa. Seluruh komponen harus bersatu, berkolaborasi dan bersinergi untuk mencapai Indonesia Maju.

“Pentingnya soliditas dan sinergisitas TNI-Polri dalam menjaga stabilitas keamanan nasional sebagai kunci mewujudkan SDM yang unggul dan Indonesia Maju harus menjadi gerak jiwa dari seluruh anggota TNI-Polri. Saatnya seluruh komponen bangsa bersatu dan bahu membahu mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” tutup Simon.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER