HUT RI ke-75, Kodam Kasuari Bersihkan Sampah di Pulau Raimuti

Prajurit Kodam XVIII/Kasuari dalam rangka memperingati HUT RI ke-75 melakukan karya bakti dengan membersihkan sampah dan menyelamatkan ekosistem laut serta pesisir sekitar Pulau Raimuti, Manokwari, Papua Barat, Senin (17/8/2020). (Dok. Pendam XVIII/Kasuari)

MONITOR, Manokwari – Untuk menjaga kelangsungan ekosistem laut, kebersihan pesisir pantai adalah merupakan tanggung jawab bersama. Menyikapi hal itu, di hari HUT RI ke-75 ini, Kodam XVIII/Kasuari bergerak melakukan karya bakti dengan membersihkan sampah dan menyelamatkan ekosistem laut serta pesisir sekitar Pulau Raimuti, Manokwari, Papua Barat, Senin (17/8/2020).

Kasdam XVIII/Kasuari, Brigjen TNI Ferry Zein, yang memimpin acara tersebut mengungkapkan bahwa sebagai warga di wilayah Anday yang berdekatan dengan Makodam ini yang juga keluarganya banyak yang di sekitar sini, Kodam XVIII/Kasuari tergerak untuk melakukan pembersihan di pesisir laut, utamanya di Pulau Raimuti.

“Karena warga kita memang banyak yang menggunakan Pulau Raimuti ini untuk tempat rekreasi, maka supaya keadaan lingkungan ini bersih dan nyaman, waga Kodam XVIII/Kasuari bersama-sama melakukan pembersihan. Tentunya sebelumnya kita meminta izin dulu kepada yang mempunyai hak wilayah di sini. Mudah-mudahan warga yang lain juga bisa menjaga kebersihan laut, pantai dan Pulau Raimuti ini yang ada di sini,” ungkapnya dalam keterangan resmi yang diterima MONITOR.CO, Jakarta, Senin (17/8/2020) malam.

Lebih lanjut, Ferry menyampaikan, ke depan direncanakan karya bakti seperti ini akan digelar minimal sekali di setiap bulan.

“Harapannya, kepada masyarakat Anday dan seluruh masyarakat Manokwari, ke depannya dapat menjaga kebersihan di sekitar Pulau Raimuti ini, supaya pantai dan lautnya bersih, sehingga bila kita yang berenang atau berekreasi merasa senang karena tidak ada sampah lagi,” ujarnya.