Rabu, 24 April, 2024

Sidang Tahunan MPR, Jokowi Dorong Lakukan Reformasi Fundamental

MONITOR, Jakarta – Presiden Joko Widodo menyampaikan evaluasi dalam Sidang Tahunan MPR/DPR/DPD menjelang peringatan HUT RI ke-75 yang digelar di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (14/8) tadi pagi. Kepala Negara ini meminta agar semua elemen melakukan reformasi fundamental dalam pengambilan kebijakan.

Dalam kondisi pandemi saat ini, Jokowi merasa ada banyak pekerjaan yang harus diselesaikan, mulai dari evakuasi Warga Negara Indonesia dari wilayah pandemi COVID-19 di Tiongkok, kemudian harus menyiapkan rumah sakit, rumah isolasi, obat-obatan, alat kesehatan, dan mendisiplinkan protokol kesehatan.

Semua pekerjaan tersebut, kata Jokowi, harus dilakukan secara cepat, dalam waktu yang sangat singkat.

“Kita harus melakukan reformasi fundamental dalam cara kita bekerja. Kesiap-siagaan dan kecepatan kita diuji,” kata Jokowi dalam sambutannya.

- Advertisement -

Jokowi pun menyadari krisis kesehatan tersebut berdampak pada perekonomian nasional, sehingga pemerintah juga harus cepat bergerak memberikan bantuan sosial bagi masyarakat melalui bantuan sembako, bansos tunai, subsidi dan diskon tarif listrik, BLT Desa, dan subsidi gaji; membantu UMKM untuk memperoleh restrukturisasi kredit, memperoleh banpres produktif berupa bantuan modal darurat, dan membantu pembelian produk-produk mereka; membantu tenaga kerja yang menjadi korban PHK, antara lain melalui bantuan sosial dan Program Kartu Prakerja.

“Sesuatu yang tidak mudah. Sesuatu yang tidak mudah,” kata Jokowi.

“Krisis ini telah memaksa kita untuk menggeser channel cara kerja kita. Dari cara-cara normal menjadi cara-cara ekstra-normal. Dari cara-cara kerja biasa menjadi cara-cara kerja luar biasa. Dari prosedur panjang dan berbelit menjadi smart shortcut. Dari orientasi prosedur menjadi orientasi hasil,” sambungnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER