HUKUM

Tak Maksimal Tangani Covid-19, Wakapolri Ancam Copot Kapolsek Hingga Kapolda

MONITOR, Jakarta – Wakil Kapolri (Wakapolri), Komjen Pol Gatot Eddy Pramono, menggelar rapat tertutup dengan pejabat utama Polda Metro Jaya dalam rangka membahas penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 atau Virus Corona, Jakarta, Rabu (12/8/2020).

Gatot yang kini ditunjuk sebagai Wakil Ketua Pelaksana II Komite Covid-19 meminta jajarannya serius menangani pencegahan penularan Covid-19.

Bahkan secara tegas, Gatot mengungkapkan bahwa dirinya tak segan-segan akan mencopot Kapolda hingga Kapolsek yang tidak bekerja dengan maksimal dalam penanganan pencegahan Covid-19 tersebut.

“Kalau ada kapolsek yang tidak melaksanakan kegiatan baik dalam kegiatan pendisiplinan masyarakat atau kegiatan lainnya dalam rangka memotong (penularan) Covid-19 ini, ganti saja kapolseknya. Kalau nanti kapolresnya juga tidak bekerja dengan serius tanpa kapolda ya sampaikan saja. Kita ganti kapoldanya,” ungkapnya saat konferensi pers di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (12/8/2020).

Dalam penerapan protokol kesehatan Covid-19 tersebut, menurut Gatot, Polri akan bersinergi dengan instansi lain seperti TNI hingga pemerintah daerah. Gatot mengaku yakin bahwa sinergitas tersebut sangat dibutuhkan dalam penanganan virus asal China itu.

“Tadi saya sampaikan kepada jajaran, laksanakan tugas dengan serius. Tidak ada yang main-main. Tidak ada kata jenuh untuk polisi. Ini kegiatan kemanusiaan,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Gatot, jika diperlukan, maka Polri akan menambah personel untuk menegakkan disiplin protokol kesehatan tersebut. Gatot pun meminta kepada jajarannya untuk selalu hadir di setiap penerapan peraturan daerah yang telah diterbitkan. 

“Kita punya anggota Sabhara dan Brimob bisa digunakan oleh kapolres membantu gubernur camat dan kepala desa,” katanya.

Recent Posts

Petugas Berjaga 24 Jam di Nabawi, Siap Bantu Jemaah Haji

MONITOR, Jakarta - Petugas haji Indonesia selalu siaga selama 24 jam di pelataran dan setiap…

58 menit yang lalu

Study Tour Pelajar Dilarang, Hetifah: Kebijakannya Mohon Ditinjau Kembali

MONITOR, Jakarta – Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian memberikan tanggapan kritis terhadap kebijakan…

6 jam yang lalu

Sepanjang 2023, Pertamina Hulu Rokan Jadi Penghasil Migas Nomor 1 Indonesia

MONITOR, Jakarta – Sepanjang 2023, PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) berhasil mempertahankan posisinya sebagai penghasil minyak…

8 jam yang lalu

PPIH Arab Saudi Daker Makkah Siap Sambut Kedatangan Jemaah dari Madinah

MONITOR, Jakarta - Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Daerah Kerja (Daker) Makkah siap…

9 jam yang lalu

Penilaian Lahan UIII Kembali Digelar, Kali ini Menyasar 236 Bidang

MONITOR, Depok - Tim Terpadu Penanganan Dampak Sosial Kemasyarakatan (PDSK) Penyediaan Tanah untuk Pembangunan Universitas…

11 jam yang lalu

Saat Ibu Negara Beli Batik dan Gelang di UMKM Mitra Binaan Pertamina

MONITOR, Jakarta – Dukungan Ibu Iriana Joko Widodo terhadap Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) ditunjukkan saat…

13 jam yang lalu