Dana Stimulus Baru Terserap 20%, Wapres Minta Satgas Covid-19 Gerak Cepat

Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin

MONITOR, Jakarta – Wakil Presiden Ma’ruf Amin menekankan Gerakan Nasional Disiplin Protokol Kesehatan harus benar-benar terwujud. Hal ini harus terealisasi guna mengatasi wabah pandemi dan menekan laju penyebarannya.

Pesan ini disampaikan Ma’ruf Amin kepada semua elemen, termasuk ibu-ibu PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) untuk lebih aktif mengampanyekan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dari lingkup terkecil: keluarga (door to door).

“Mulai dari fokus kampanye pakai masker, jaga jarak dan cuci tangan setiap kali selesai beraktifitas,” imbuh Ma’ruf Amin di Istana, Senin (3/8).

Selain memasifkan sosialisasi protokol kesehatan kepada masyarakat, Ma’ruf juga mengatakan pemerintah akan menggiatkan upaya pemulihan ekonomi nasional, terutama masalah realisasi anggaran di kementerian dan lembaga yang masih minim.

Ma’ruf mengatakan, dari total Rp 695 triliun stimulus untuk penanganan Covid-19, baru 20 persen atau Rp141 triliun yang terealisasi.

“Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional diminta bergerak lebih cepat dan hasilnya betul-betul efektif,” ucap dia.