Selain Solo, Bawaslu Sebut Pilkada Tangsel Bakal Berlangsung Meriah

Komisioner Bawaslu RI Muhammad Afifudin (dok: nusantaranews)

MONITOR, Jakarta – Momentum pelaksanaan Pilkada serentak di masa pandemi tak menyurutkan langkah kandidat calon kepala daerah untuk menarik perhatian masyarakat. Di daerah Tangerang Selatan saja, sejumlah spanduk mulai bertebaran di beberapaa titik jalan.

Anggota Bawaslu RI Mochammad Afifuddin memprediksi penyelenggaraan pilkada Tangerang Selatan bakal berlangsung meriah. Hal itu dikarenakan letak geografis Tangsel berada di pinggiran Ibu Kota.

“Khusus Tangsel, Pilkada ini saya kira bakal meriah nanti pelaksanannya. Menilik sejarah, Tangsel ini kan pelaksanaannya marathon. Catatan kita, di Tangsel ini sangat kompetitif,” ujar Afifuddin dalam diskusi daring menyoal pilkada, belum lama ini.

“Secara geografis, lokasinya sebagai penopang Jakarta. Keliatan meriah itu, selain Tangsel, wilayah Depok juga,” terang Afif.

Afif menegaskan, kandidat calon kepala daerah dan wakilnya tidak ada yang berasal dari petahanan. Selain itu, ketokohan kandidat calon termasuk populer, diantaranya merupakan putri dari Wakil Presiden Ma’ruf Amin, dan keponakan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Namun selain Tangsel, Afif juga menyoroti soal ramainya Pilwakot Solo yang menjadi ajang bagi putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, untuk bertarung.

“Apalagi calon yang sekarang tidak ada petahana langsung, juga ada perhelatan pilkada yang lebih meriah seperti di Solo, yang ada anaknya pak Presiden,” imbuhnya.