Depok Gencar Sosialisasikan Gerakan Perlindungan Anak

Kepala DPAPMK Kota Depok, Nessi Annisa Handari (Foto: Boy Rivalino)

MONITOR, Depok – Kondisi pandemi tidak menyurutkan langkah Pemerintah Kota (Pemkot) Depok untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat, khususnya anak-anak. Salah satunya dengan menggagas Sosialisasi Perlindungan Anak melalui Webinar sebanyak 11 kali pertemuan.

Kepala Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok, Nessi Anisa Handari mengatakan, kegiatan tersebut merupakan acara tahunan. Tujuannya memberikan pemahaman dan kesadaran terkait perlindungan anak.

“Untuk anak-anak, minimal mereka paham terkait kiat-kiat melindungi diri dari orang asing. Mereka juga kita ajarkan memanfaatkan waktu di rumah dengan cara yang kreatif, agar tidak bosan,” kata Nessi di Balai Kota Depok, Kamis (23/07/2020).

Dia menyebutkan, selain menyasar anak-anak sekolah, kegiatan tersebut juga diikuti orang tua siswa. Hal itu dimaksudkan agar memiliki kesamaan persepsi mengenai perlindungan anak.

Lebih lanjut, kata Nessi, dalam sosialisasi tersebut juga ada sesi parenting untuk orang tua dengan psikolog dari Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga). Selain memberikan pemahaman tentang kiat melindungi anak, juga cara menyikapi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), sehingga orang tua tidak stres.

“Memang sasarannya adalah pelajar SD dan orang tuanya. Ke depannya kita akan ke remaja atau siswa SMP,” ujarnya.