Ketua DPRD DKI: Tidak Ada Saham yang Dilepas dari BUMD Milik Pemprov

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsuidi saat rapat bersama Komisi B

MONITOR, Jakarta – Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi mengatakan tidak ada saham yang dilepas dari BUMN milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Hal itu dia tegaskan dalam rapat di Komisi B DPRD DKI Jakarta, Selasa (23/6).

“Saya menegaskan kembali bahwa tidak ada saham yang akan dilepas dari BUMD milik Pemerintah Provinsi. Termasuk saham PT Delta Djakarta Tbk,” ujarnya.

Ia menjelaskan perlu adanya kajian hukum, serta kajian teknis yang jelas untuk melepas saham dari perusahaan sehat seperti PT Delta Djakarta.

“Sikap saya juga jelas, semuanya demi menjunjung tinggi konstitusi dan prinsip aturan yang tertuang dalam Peraturan Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 19 Tahun 2016 tentang Pedoman Pengelolaan Barang Milik Daerah,” tegasnya.

Dengan kepemilikan saham di PT Delta, ia menekankan pemerintah bisa mengawasi peredaran bir. Bahkan, ia justru menilai akan ada kesulitan pengawasan jika pemerintah melepas saham PT Delta Djakarta Tbk tersebut.

Sebagaimana diketahui, PT Delta Djakarta Tbk merupakan perusahaan bir terbesar di Indonesia. PT Delta Djakarta adalah produsen dan distributor beberapa merek bir terbaik di dunia di bawah merek dagang Anker, Carlsberg, San Miguel, dan Kuda Putih. Perusahaan ini juga merupakan figur kunci dalam pasar minuman non-alkohol di Indonesia dengan mereknya Sodaku dan Soda Ice.