Jumat, 29 Maret, 2024

Labkesda Depok Diklaim Bisa Periksa 100 Sampel Swab Covid-19 Perhari

MONITOR, Depok – Wali Kota Depok, Mohammad Idris menegaskan, saat ini Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kota Depok sudah bisa melaksanakan pemeriksaan Swab Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk mendeteksi infeksi virus Corona atau Covid-19.

Laboratorium tersebut siap melayani pemeriksaan 90 hingga 100 sampel setiap harinya. 

Mohammad Idris mengatakan, sebelumnya Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI secara resmi telah memberikan izin pemeriksaan Swab PCR sejak 10 Juni 2020. Pemeriksaan gratis ini dikhususkan bagi warga ber-KTP Depok.

“Sejak pekan kemarin, sudah kita mulai pemeriksaan Swab. Realisasi sampai sekarang sudah bisa dilakukan 100 sampel per hari, dengan waktu relatif cepat. Karena khusus untuk warga Depok,” kata Mohammad Idris, di Balai Kota, Senin (22/6).

- Advertisement -

Idris menjelaskan, pemeriksaan Swab tersebut, diprioritaskan bagi warga yang berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG), Orang Dalam Pemantauan (ODP), dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Dengan menyisir segmen tersebut, diakuinya data realisasi atau posisi besaran OTG, ODP, dan PDP bisa lebih akurat.

“Selanjutnya, yang kita utamakan untuk melakukan pemeriksaan Swab adalah mereka yang hasil rapid tesnya reaktif,” tambahnya. 

Lebih lanjut Idris menyatakan, saat ini pihaknya sudah melakukan lebih dari 20 ribu rapid test. Baik di fasilitas publik maupun di lingkungan Kantor Pemerintah Kota (Pemkot) Depok. 

Dirinya menambahkan, adapun sasarannya adalah petugas di lapangan yang banyak berinteraksi dengan masyarakat. Serta warga yang akan melakukan perjalanan kembali ke luar Kota Depok. 

“Seperti santri asal Depok yang pesantren di Gontor. Kemudian dari mereka yang hasilnya positif atau reaktif, kita tindaklanjut dengan Swab di Labkesda Depok,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER