Kamis, 28 Maret, 2024

Walikota Depok Minta Pasien Positif Covid-19 Diisolasi di Rumah Sakit

MONITOR, Depok – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok menginstruksikan kepada camat, lurah, dan kepala Perangkat Daerah (PD) untuk menyisir kembali warga positif virus Corona atau Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri agar ditarik ke rumah sakit (RS).

Hal tersebut sebagai salah satu upaya untuk memutus penularan kasus Covid-19 khususnya melalui transmisi lokal. 

Wali Kota Depok Mohammad Idris mengatakan, kerjasama tersebut perlu ditingkatkan. Terutama dari yang bersangkutan yaitu orang dengan konfirmasi positif yang melakukan isolasi mandiri agar menjalani perawatan di RS. 

“Camat, lurah, dan kepala PD bertugas sebagai Tim Pengawas Kecamatan, Tim Pemantau dan Kepala Puskesmas se-Kota Depok, bersama dengan Satgas Kampung Siaga Covid-19 diinstruksikan untuk menyisir kembali warga yang isolasi mandiri. Tujuannya agar mereka dapat diupayakan untuk melakukan isolasi di RS,” kata Mohammad Idris, baru-baru ini.

- Advertisement -

Idris mengatakan, penyisiran tersebut saat ini sedang berjalan di seluruh wilayah kelurahan dan kecamatan. Nantinya, kasus positif isolasi mandiri akan dilakukan penjemputan untuk diantar ke RS.

Dikatakannya, Pemkot Depok kini masih terus berupaya mendeteksi penyebaran Covid-19. Upaya yang dilakukan dengan terus pro- aktif melakukan program Rapid Test dan SWAB PCR.

Untuk Rapid Test, lanjut Idris, sudah dilakukan kepada 20.199 orang, reaktif 871 orang atau 4,31 persen dan non reaktif 19.162 orang atau 94,87 persen, dan sisanya invalid.

“Sedangkan SWAB PCR sejumlah 4.072 orang dengan rincian positif 478 atau 11,7 persen dan negatif 3.594 atau 88,3 persen,” ujarnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER