Gubernur Ganjar: Bantuan Sampoerna-Yayasan Rumah Kita Tepat Lindungi Tenaga Medis dari OTG

Penyerahan bantuan diterima langsung oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Mugassari Semarang, Kamis (18/6).

MONITOR, Semarang – Sampoerna bersama Yayasan Rumah Kita terus bergerak memberikan dukungan kepada petugas medis yang sedang menangani Pasien Covid-19. Kali ini bantuan disalurkan kepada Provinsi Jawa Tengah, sebelumnya bantuan diberikan kepada Provinsi Jawa Barat dan Jawa Timur.

Dukungan untuk medis ini berupa 7.500 masker kain, 650 baju hazmat, 155 Alat Pelindung Diri (APD), dan 250 face shield. Penyerahan bantuan diterima langsung oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Mugassari Semarang, Kamis (18/6).

Dalam sambutannya, Gubernur Ganjar Pranowo mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh sampoerna dan yayasan rumah kita dan berharap seluruh unit usaha Sampoerna ditata sesuai protokol kesehatan agar nanti seluruh pekerja terlindungi.

“Saya berharap seluruh unit usaha sampoerna menata sesuai protokol kesehatan agar nanti ketika pegawai kembali bekerja terjaga kesehatannya,” ujar Ganjar.

Menurut Ganjar, Bantuan berupa APD dari Sampoerna dan yayasan Rumah Kita akan segera disalurkan kepada rumah sakit, puskesmas dan klinik sebagai lini depan penanganan virus.

“Bantuan ini pasti akan sangat berharga dan kita mulai didistribusikan kepada lini paling depan seperti Puskesmas dan klinik karena kita tidak pernah tahu dengan OTG dan cara penularannya,” Terang Ganjar.

Gubernur Ganjar berharap, dengan adanya pandemi ini semakin mengasah kepedulian dan rasa kemanusiaan antar sesama warga, yang dibutuhkan adalah saling membantu dan memberikan dukungan.

“Mari kita saling membantu dan jangan pernah melihat apa sukumu, agamamu, kelompokmu, dan daerahmu. Hal yang kita butuhkan adalah rasa kemanusiaan untuk bersama-sama saling mendukung,” ungkap Gubernur Ganjar.

Gubernur Ganjar juga berharap pandemi ini segera berakhir dan masyarakat benar-benar siap menuju kebiasaan baru dan hidup aman seperti sebelum Covid ini terjadi.

“Mudah-mudahan semua betul-betul bisa menyiapkan kondisi menuju kebiasaan baru, kenormalan baru. Nanti kita semuanya akan saling menjaga untuk bisa bisa hidup seperti kemarin,” harap Ganjar.

Kukuh Dwi Tristanto yang menjadi perwakilan Sampoerna mengatakan bahwa Jawa Tengah adalah lokasi strategis dan mejadi mitra utama sampoerna.

“Jawa Tengah menjadi lokasi yang strategis bagi kami dimana nanyak mitra baik suplai tembakau, produksi maupun pemasaran tersebar di seluruh wilayah Jawa Tengah. Harapannya dengan banruan ini supaya bisa memberikan penguatan kepada petugas medis dalam upaya menanggulangi bencana Covid-19,” terang Kukuh yang juga kepala departemen hubungan regional.

Sementara itu Direktur Yayasan Rumah Kita, Andrianus Uran mengungkapkan, bantuan ini merupakan komitmen Sampoerna dengan Yayasan Rumah untuk terus memberikan dukungan terhadap tim medis dalam penanganan Covid-19.

“Provinsi Jawa Tengah merupakan daerah ketiga yang kami sasar. Sebelumnya Jawa Barat, Jawa Timur, dan kemudian sekarang Jawa Tengah,” terangnya.

Menurut Andrianus, bantuan ini diutamakan dalam bentuk APD untuk tenaga medis dalam upaya menjaga kesehatan saat bersentuhan dengan pasien Covid-19.

“Bantuan ini kita berikan lebih kepada bagaiamana melindungi teman-teman tenaga medis, yang saat ini menjadi ujung tombak dari pengendalian penularan Covid-19,” katanya.