Dampak Pandemi Covid-19, Luhut Optimis Sektor IKM Naik Kelas

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan

MONITOR, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, menyadari pandemi telah mengubah cara konsumsi masyarakat dari offline menjadi online.

Dengan pola baru ini, Luhut optimis hal tersebut bisa menjadikan sektor Industri Kecil Menengah atau IKM naik kelas.

“Saya melihat hal ini sebagai momentum Industri Kecil Menengah atau IKM kita untuk naik kelas. Saya berfikir bahwa pembentukan ekosistem di lingkungan pelaku bisnis demi menyambut era baru Industri 4.0 harus segera dilakukan,” ujar Luhut Binsar Panjaitan, Rabu (17/6).

Lebih lanjut Luhut mengatakan, era baru dalam perindustrian juga sudah mulai dibangun di Indonesia sejak peresmian peta jalan (roadmap) “Making Indonesia 4.0” oleh Presiden Joko Widodo.

Ia pun menyatakan bahwa tingginya konsumsi domestik yang terjadi lewat UMKM dan IKM menjadi berkah di tengah tantangan pandemi yang dihadapi bangsa Indonesia.

“Maka dari itu, pemerintah memberikan perhatian yang lebih untuk mendorong UMKM dan IKM agar bisa punya jaringan bisnis online lewat program #esmartikm yang merupakan bagian dari Gerakan #BanggaBuatanIndonesia,” terang Luhut.