Masa Pemulihan Ekonomi, Sandiaga: Pelaku UMKM Butuh Pinjaman Modal

Pengusaha Sandiaga Salahuddin Uno/ dok: instagram

MONITOR, Jakarta – Pengusaha besar Sandiaga Salahuddin Uno menyoroti babak baru masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi. Di masa pemulihan ini, pengusaha yang akrab disapa Sandi ini menilai masyarakat saat ini membutuhkan bantuan dana tunai.

Terlebih dikatakan Sandi, masyarakat yang sebelumnya memiliki usaha UMKM tentu akan merasakan saat usaha mereka ditutup selama dua hingga tiga bulan karena pandemi.

“Dalam masa pemulihan ekonomi, yang dibutuhkan masyarakat adalah dana tunai. Cash is king. Bagaimana masyarakat mendapatkan bantuan likuiditas untuk memenuhi kebutuhan dasarnya dan membuka kembali usaha yang sempat tutup,” ujar Sandiaga Uno dalam sebuah diskusi virtual.

Menurut eks Wakil Gubernur DKI Jakarta ini, permasalahan tersebut harus segera diatasi oleh pemerintah. Ia menyarankan pemerintah menggandeng sektor perbankan untuk menyediakan pinjaman modal kerja kepada para pelaku UMKM.

“Kesulitan akses pada permodalan harus segera disolusikan. Pemerintah harus bekerja sama dengan sektor perbankan dalam menyediakan pinjaman modal kerja kepada pelaku UMKM dengan jaminan dari pemerintah,” imbuhnya.