Selama Pandemi Corona, Warga Depok Diminta Waspada Penyebaran Narkoba

Kepala BNN Kota Depok, AKBP Rusli Lubis. (Foto: istimewa)

MONITOR, Depok – Kepala  Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Depok, AKBP Rusli Lubis mengimbau masyarakat agar selalu waspada terhadap penyebaran narkoba. Terlebih, dalam masa pandemi virus Corona atau Covid-19 seperti saat ini.

“Tentu kami menghimbau warga Depok untuk tetap waspada terhadap peredaran gelap dan penyalahgunaan narkoba. Karena di masa seperti ini, merupakan celah bagi para bandar narkoba untuk bergerak,” katanya kepada wartawan, Rabu (29/4).

Rusli menjelaskan, pandemi  Covid-19 yang melanda sebagian besar negara di dunia memberikan efek yang luar biasa pada berbagai sektor. Terutama, dengan diberlakukannya jaga jarak fisik (physical distancing) guna memutus rantai penyebaran virus Corona.

“Ada pemutusan hubungan kerja sehingga buruh maupun pekerja harian ikut terdampak. Hal ini bisa memicu berbagai macam tindak kejahatan. Salah satunya adalah perdagangan peredaran gelap narkoba,” jelasnya.

Meski demikian, dirinya menegaskan pihaknya bersama kepolisian akan tetap bersiaga. Hal ini terbukti dengan adanya pengungkapan kasus peredaran gelap narkoba di berbagai daerah.

“Contoh yang paling mengagetkan adalah penggerebekan kampung narkoba di Palangkaraya, Kalimantan Tengah pada hari Kamis, tanggal 23 April lalu. Hal ini mengingatkan kita, bahwa kejahatan narkoba tidak mengenal tempat dan waktu, kapan saja bisa terjadi,” katanya.