Jumat, 26 April, 2024

Walikota Depok Klaim Sudah 190 Orang Test Swab PCR di Labkesda

MONITOR, Depok – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok telah memfungsikan Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) untuk pemeriksaan Swab Polymerase Chain Reaction (PCR). Hingga kini, tercatat sebanyak 190 orang yang telah diperiksa dengan metode tersebut. 

“Ratusan orang yang diperiksa ini adalah yang berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP), Orang Dalam Pengawasan (PDP), orang yang hasil rapid test positif dan tindak lanjut dari kasus positif PCR,” kata Wali Kota Depok, Mohammad Idris, Kamis (16/4).

Idris mengatakan, saat ini sampelnya telah dikirim ke Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) serta Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) untuk diteliti lebih jauh. Dengan rincian, BBTKLPP sebanyak 153 sampel dan RSUI 37 sampel. 

“Alhamdulillah, kita dapat mengirimkan sampel Swab PCR ke RSUI, sehingga bisa membantu percepatan hasil pemeriksaan,” ujarnya. 

- Advertisement -

Lebih lanjut Idris menjelaskan, perkembangan kasus ODP di Kota Depok sebanyak 2.059 orang  dan PDP 657 orang. 

Dia menambahkan, untuk PDP yang meninggal saat ini berjumlah 39 orang. Namun demikian, status PDP tersebut merupakan pasien yang belum bisa dinyatakan positif atau negatif, karena harus menunggu hasil pemeriksaan Polymerase Chain Reaction (PCR), yang datanya hanya dikeluarkan oleh Public Health Emergency Operating Center (PHEOC) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI. 

“Untuk kasus konfirmasi sebanyak 147 orang, sembuh 11 orang, dan meninggal dunia menjadi 15 orang. Sementara Orang Tanpa Gejala (OTG) 695 orang,” katanya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER