PARLEMEN

Dukung Operasional KRL Dihentikan Sementara, Komisi V Sebut PSBB Sia-sia

MONITOR, Jakarta – Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Syarif Abdullah Akadrie, mendukung usulan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk menghentikan sementara operasional KRL Commuter Line dalam masa PSBB Covid-19 di Jakarta.

Menurut dia, hal itu juga sebagai upaya menerapkan secara maksimal Physical Distancing.

“Itu langkah yang tepat dalam rangka mengefektifkan physical distancing (jaga jarak),” kata Syarif, di Jakarta, Jumat (17/4).

Ia berpandangan, jika operasi KRL tetap berjalan normal di wilayah Jakarta, dan penumpukan penumpang terus terjadi, maka status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Ibu Kota pun menjadi tidak berguna.

“Harus ada pengaturan jarak, kalau terjadi seperti itu (penumpukan penumpang di KRL), saya kira sia-sia saja PSBB, mubazir. Kenapa? Karena ketentuan-ketentuan tidak dipatuhi,” ucapnya.

Oleh sebab itu, Syarif berharap usulan Anies yang dilayangkan kepada Plt Menteri Perhubungan Luhut Binsar Panjaitan dapat disetujui, agar wilayah Jakarta dan lainnya bisa cepat mengatasi wabah Wuhan tersebut.

“Kami (Komisi V) sudah lama meminta itu (penyetopan KRL sementara,red), cuman Plt Menhub masih bersikeras terhadap itu (tidak perlu distop). Kami berharap Pak Luhut harus pendekatan ideologi yang sama dengan Menkes,” ujar politikus Nasdem itu.

Sementara terkait dampak ke pekerja yang biasa menggunakan KRL untuk menuju kantornya di Jakarta, Syarif berharap ada solusi terbaik dari perusahaan.

Ia menyarankan, perusahaan tersebut menerapkan karyawannya bekerja dari rumah, atau menyediakan transportasi antar jemput untuk karyawannya yang tugasnya tidak bisa dikerjakan di rumah.

“Seperti koki atau pekerjaan lain yang tidak bisa ditinggalkan, maka perusahaan menyediakan angkutan (antar jemput),” pungkasnya.

Recent Posts

Pelatih Indra Sjafri Panggil 37 Pemain untuk Ikuti TC Tim U-20 di Jakarta

MONITOR, Jakarta - Tim U-20 Indonesia kembali menjalani pemusatan latihan (TC) di Jakarta mulai Minggu…

4 jam yang lalu

Menag Lantik Rektor IAIN Takengon dan IAIN Sorong

MONITOR, Jakarta - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas hari ini, Senin (29/04/2024)melantik Rektor Institut Agama…

6 jam yang lalu

Local Hero Pertamina Group Sabet 8 Penghargaan Kementerian LHK 2024

MONITOR, Jakarta – Pertamina Group berhasil memboyong 8 penghargaan pada ajang Festival Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan…

7 jam yang lalu

KORNAS PJN Gelar Doa Bersama Pasca Penetapan Prabowo-Gibran oleh KPU

MONITOR, Pemalang - Koordinator Nasional Pergerakan Jiwa Nusantara (KORNAS PJN) menggelar acara doa bersama dan…

8 jam yang lalu

Wacana Kenaikan Tarif KRL Ancam Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat Berpenghasilan Rendah

MONITOR, Jakarta - Wacana kenaikan tarif Commuter Line oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan menempatkan masyarakat Jabodetabek pada tantangan…

9 jam yang lalu

Kemenpora Dukung Gelar Nobar Timnas Indonesia U-23, Tapi Tidak Boleh Dikomersilkan

MONITOR, Jakarta - Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) merespons soal isu pelarangan…

9 jam yang lalu