Tekan Covid-19, Pemkot Depok Gaungkan Gerakan Sosial Penggunaan Masker

Wali Kota Depok, Mohammad Idris. (Foto: Boy Rivalino)

MONITOR, Depok – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok menggaungkan gerakan sosial penggunaan masker kepada masyarakat melalui Surat Edaran (SE) Nomor 443/173-Huk/Dinkes. Upaya ini dinilai efektif untuk meminimalisir penyebaran virus Corona atau Covid-19.

Menurut Wali Kota Depok, Mohammad Idris, guna menghentikan peningkatan penyebaran virus ini diperlukan langkah taktis. Yaitu dengan menggunakan masker medis atau kain ketika terpaksa beraktivitas ke luar.

“Salah satunya dikarenakan menipisnya persediaan masker bagi tenaga medis dalam masa tanggap darurat ini,” katanya di Balai Kota Depok, Selasa (7/4).

Widget Situasi Terkini COVID-19

Dikatakannya, dalam SE tersebut, masyarakat diajak untuk berkomitmen, agar masker medis diprioritaskan bagi para tenaga kesehatan. Adapun bagi masyarakat, sambung dia, bisa menggunakan masker kain.

“Masker kain dapat dibeli atau dibuat sendiri, dengan lapisan kain yang dapat dicuci, minimal dua lapis,” ujaranya.

Dirinya mengajak, agar gerakan sosial ini dikampanyekan baik secara pribadi atau melalui komunitas, maupun lembaga. Termasuk, mengoptimalkan keberadaan Kampung Siaga Covid-19 yang berada di lingkungan RW.

“Yaitu dengan mengkoordinasikan penyediaan dan berbagai masker kain bagi masyarakat yang membutuhkan,” pungkasnya.