Jumat, 29 Maret, 2024

Darurat Covid-19, Ketua MPR: Siapapun Keluar Rumah Wajib Pakai Masker

MONITOR, Jakarta – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengingatkan kepada masyarakat untuk benar-benar mematuhi kebijakan pemerintah dalam penanganan pencegahan virus Covid-19 di Indonesia.

Bahkan, politikus yang akrab disapa Bamsoet ini meminta agar masyarakat tidak terlalu panik, tetapi tidak menganggap remeh penyebaran wabah asal Wuhan tersebut.

“Karenanya, langkah pemerintah yang mewajibkan siapapun keluar rumah untuk menggunakan masker, harus didukung seluruh warga,” kata Bamsoet dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Senin (6/4).

“Memakai masker memang terlihat sepele. Namun efeknya sangat besar untuk menghadang penyebaran virus Covid-19,” tambahnya.

- Advertisement -

Menurut dia, terkadang seseorang tidak menyadari apakah ia sudah terkena virus Covid-19 atau belum. Karenanya, imbuh Bamsoet, pemakaian masker ketika keluar rumah kini menjadi wajib.

“Gunakanlah masker kain, jangan masker medis yang lebih dibutuhkan untuk para dokter dan tenaga kesehatan,” terang Bamsoet.

Dalam kesempatan itu, Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia ini juga memaparkan, di tingkat Asia Tenggara, Indonesia kini sudah berada di urutan ketiga jumlah positif Covid-19 mencapai 2.273 dengan 198 kematian. Peringkat pertama ditempati Malaysia yang memiliki 3.662 kasus dengan 61 kematian serta Philipina di urutan kedua yang memperoleh 3.246 kasus dengan 152 kematian.

“Dari 198 kematian, 18 diantaranya merupakan dokter. Sebagai warga negara yang baik, kini waktunya kita turut serta dalam bela negara dengan cara yang tidak terlalu rumit,” ujarnya.

“Cukup dengan menjaga kebersihan dan kesehatan diri serta lingkungan, disiplin melakukan physycal distancing, serta menggunakan masker jika terpaksa harus ke luar rumah. Dengan demikian diharapkan tidak ada lagi bertambahnya korban akibat virus Covid-19,” pungkas Bamsoet.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER