Selama Penanganan Corona, DPD Ingatkan Pemerintah Jaga Pasokan Kebutuhan Masyarakat

Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti. Foto: monitor.co.id

MONITOR, Jakarta – Ketua DPD RI LaNyalla Mahmud Mattaliti berharap pemerintah tetap mengambil kebijakan untuk menjaga kebutuhan konsumsi masyarakat selama penanganan Covid-19.

Menurut dia, setidaknya ada dua strategi dalam menjaga perekonomian masyarakat tetap stabil dengan baik, yakni melalui Bantuan Pangan Non Tunai dan Bantuan Sosial (Bansos). 

“Dua strategi tersebut perlu dikucurkan untuk meningkatkan konsumsi masyarakat dan melawan dampak dari ekonomi yang lesu,” ujar LaNyalla dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, dimuat Senin (23/3).

“Dan kedua bantuan ini sebaiknya segera dicairkan oleh pemerintah, sehingga ekonomi domestik tetap terjaga di kisaran 5 persen,” tambahnya.

Selain perekonomian masyarakat, imbuh LaNyalla juga perlu memperhatikan nasib para pekerja harian lepas yang terdampak wabah Wuhan ini. Para pekerja harian lepas yang masuk kategori masyarakat kurang mampu ini perlu mendapat bantuan khusus dari pemerintah. 

Bantuan tersebut, saran dia, dapat diambil dari Dana Insentif Daerah (DID). “Pemerintah harus memastikan bahwa bantuan khusus yang dibayarkan kepada mereka berpenghasilan rendah harus secara penuh dan tepat sasaran,” pungkas senator dari daerah pemilihan (Dapil) Provinsi Jawa Timur ini.