Berikan Rasa Nyaman Penumpang,  Tim DMC Dompet Dhuafa Sterilkan Gerbong LRT

MONITOR, Jakarta – Tim Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa mendatangi Depo LRT (Lintas Rel Terpadu) di Jakarta Utara, pada Rabu (18/3/2020). Kedatangan tersebut dalam rangka program Cekal (cegah dan tangkal) virus Corona (Covid-19).

Kali ini DMC menerjunkan tiga tim penyemprot disinfektan, sebagai upaya sterilisasi gerbong LRT yang mana setiap hari menjadi akses transportasi masyarakat.

“Semakin hari semakin banyak permintaan untuk penyemprotan disinfektan di fasilitas umum. Kami telah membagi tim menjadi lima grup, dan kebetulan saya ada di grup ini. Permintaan untuk penyemprotan disinfektan di gerbong-gerbong LRT, sebagai upaya Cekal Corona,” jelas Eka Suwandi, selaku salah satu PIC penyemprotan disinfektan untuk fasilitas umum.

Sesampainya di Depo LRT, tim DMC Dompet Dhuafa mendapatkan pengarahan dan prosedural pekerjaan umum di lokasi tersebut. Alat pelindung diri dan sejumlah perlengkapan disiapkan untuk giat sterilisasi tersebut.

“Kami senang dan sangat terbantu dengan adanya program Cekal dari Dompet Dhuafa. Tentunya jelas membantu kerja kami, terutama dalam menghadapi polemik virus Corona,” ungkap Kustiaman, selaku tim divisi perencanaan perawatan LRT Jakarta.

Setelah cek perlengkapan dan prosedur dilalui, tim DMC Dompet Dhuafa langsung bergerak cepat melakukan sterilisasi dengan penyemprotan disinfektan. Dua rangkaian yang terdiri dari empat gerbong LRT mendapatkan semprotan di tiap sudut yang sering terjamah penumpang.

“Sementara, tim kami kerahkan untuk memberikan disinfektan untuk dua rangkaian yang ada di depo. Mengingat rangkaian yang lain masih melayani rute perjalanan masyarakat,” tambah Eka

Kemudian Eka menambahkan, dari pihak LRT menginginkan adanya penyemprotan lanjutan untuk rangkaian yang masih beroperasi dan belum terkena disinfektan. Namun, permintaan publik akan program Cekal Corona melalui penyemprotan disinfektan di DMC Dompet Dhuafa membludak.

Dalam tiga hari, sudah lebih dari 100 lokasi yang telah terlayani maupun menunggu pelayanan dari program tersebut. Sehingga perlu penjadwalan yang pas, agar tim tidak kuwalahan dan semua mendapatkan pelayanan.

“Terima kasih kepada Dompet Dhuafa yang mendukung pencegahan persebaran Corona untuk fasilitas umum dan transportasi publik. Harapannya, tentu kami mendapatkan penjadwalan kembali untuk penyemprotan rangkaian yang masih beroperasi,” harap Kustiaman.

Sejak akhir pekan lalu Dompet Dhuafa terus berupaya menyeterilkan sejumlah fasilitas umum. Bahkan dalam tiga hari belakangan, lebih dari 100 permintaan penyemprotan disinfektan. Tentu kami tak bisa sendiri. Karena kebaikan harus digerakkan bersama-sama.

Dompet Dhuafa dirikan pusat informasi atau Corona Center dengan layanan Call Center Siaga Dompet Dhuafa di nomor 0811 16 17 101.

Selain hal itu Dompet Dhuafa menyiapkan unit khusus dan program-program pengendalian kasus Covid-19 dengan melibatkan Rumah Sakit-Rumah Sakit Dompet Dhuafa.