Kamis, 25 April, 2024

Mulai Hari Ini, TransJakarta Tambah Jam Operasional dengan 123 rute

MONITOR, Jakarta – PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) akan menambah rute perjalanan menjadi 123 rute dan menambah jam operasional mulai hari ini, Selasa (17/3), sebagai langkah antisipasi penyebaran virus Corona atau COVID-19.

“Transjakarta akan mengoperasikan 123 rute dari mulai pukul 05:00-22:00 WIB untuk layanan reguler, dan menjalankan 11 rute Layanan Armada Malam Hari (Amari) dari mulai pukul 22:00-05:00,” ujar
Nadia Diposanjoyo Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transportasi Jakarta

Menurut Nadia, jumlah rute yang beroperasi akan mengalami penyesuaian dengan rincian sebagai berikut:
-15 rute BRT dalam koridor
-25 rute angkutan umum terintegrasi di dalam kota

  • 4 rute RoyalTrans
  • 10 Rute Transjabodetabek
  • 69 rute Mikrotrans

Dikatakannya, penyesuaian rute tersebut diperlukan untuk membuat social distancing di dalam bus transjakarta, sehingga kapasitas angkut tiap bus menjadi:

- Advertisement -
  • 60 penumpang untuk bus gandeng
  • 30 penumpang untuk bus besar
  • 15 penumpang untuk bus sedang dan Royaltrans
  • 6 penumpang untuk Mikrotrans.

Untuk memastikan social distancing terjaga dan mencegah penumpukan terlalu lama di halte, frekuensi dan jumlah bus yang beroperasi di tiap rute akan ditingkatkan hingga 2 kali lipat dari frekuensi normal, sehingga jumlah pelanggan yang naik di dalam satu bus dapat dikurangi

Selain itu, pelanggan diharapkan agar dapat sabar mengantri di luar halte untuk menghindari desak-desakan di dalam halte atau di dalam bus.

“Mulai hari akan diterapkan kebijakan untuk menjaga jarak aman antar pelanggan dengan jarak 1 lengan. Diharapkan dengan jarak antar pelanggan yang diatur, penyebaran COVID-19 dapat diminimalisir,”terangnya.

Untuk itu, nantinya perugas Transjakarta akan membantu mengarahkan pelanggan agar semuanya bisa berjalan dengan baik dan memberikan kenyaman dan keamanan bagi pelanggan.

Terakhir, Transjakarta menghimbau masyarakat untuk tetap membatasi perjalanan yang benar-benar diperlukan, selalu jaga kesehatan dan ikuti arahan petugas saat menggunakan layanan Transjakarta.

Pantau terus media sosial resmi Transjakarta di Twitter : PT_Transjakarta dan IG : pt_transjakarta untuk mendapatkan informasi layanan terkini.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER