Sabtu, 27 April, 2024

Uji Coba Transjakarta Rute Baru, Kalideres-Bandara Soetta Tempuh Waktu 43 Menit

MONITOR, Jakarta – Untuk mengurangi kemacetan lalu lintas, Pemprov DKI Jakarta melalui PT Transjakarta menyiapkan rute baru bus Transjakarta dari Terminal Kalideres, Jakarta Barat, hingga Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten. Penjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono bersama jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) turut menjajal uji coba rute baru tersebut pada Rabu (05/07/2023).

Dengan melewati jalan arteri, uji coba tersebut hanya memakan waktu 43 menit. Sebelumnya, uji coba secara umum telah dilakukan Dinas Perhubungan DKI Jakarta dengan rata-rata waktu tempuh 45 menit. Pj. Gubernur Heru mengatakan, rute Kalideres-Bandara Soetta dibuka karena melihat mobilitas warga yang tinggi, baik pekerja di sekitar bandara maupun masyarakat yang akan menuju atau dari Bandara Soetta.

“Tadi kita sudah dengar, rute ini merupakan rute strategis yang memang banyak masyarakat membutuhkan pelayanan transportasi. Rute ini juga sudah kita analisa. Tentunya selama uji coba ini, nanti masyarakat yang menggunakan layanan ini bisa mengisi kuesioner yang sudah disiapkan di dalam bus,” kata Pj. Gubernur Heru.

Selama uji coba, Transjakarta rute Kalideres-Bandara Soetta akan melayani dua periode waktu jam sibuk, yakni pagi hari pukul 06.00-09.00 WIB dan malam hari pukul 18.00-21.00 WIB. Dalam uji coba ini, PT Transjakarta bersama Dinas Perhubungan DKI Jakarta menyediakan sepuluh bus yang dapat mengangkut sekitar 2.500 penumpang.

- Advertisement -

Menurut Pj. Gubernur Heru, meski tahap awal pengoperasian baru ada dua periode waktu, ke depan pihaknya akan terus menyempurnakan layanan tersebut. “Tentunya nanti kami, PT Transjakarta, dan Dinas Perhubungan, akan membenahi diri supaya bisa tetap melayani. Ini pasti tumbuh terus,” papar Pj. Gubernur Heru.

Uji coba akan berlangsung selama dua pekan dengan tarif Rp 0. Selama dua pekan ini, PT Transjakarta dan Dinas Perhubungan DKI akan bersama-sama membahas tarif yang dihitung sesuai hasil survei dan analisa oleh lembaga independen.

Pj. Gubernur Heru juga menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi tinggi kepada semua pihak yang telah membantu uji coba layanan baru Transjakarta ini. “Tentunya kami terus mohon dukungan sinergi kepada Kapolres Bandara, Dirut Angkasa Pura, Polda Metro Jaya, dan Pangdam Jaya untuk bersama-sama terus bisa melayani masyarakat dalam penyediaan transportasi publik,” ujar Pj. Gubernur Heru.

Dalam acara yang sama, perwakilan penumpang penyandang disabilitas Maria Goretta menyambut baik layanan Transjakarta rute Kalideres-Bandara Soetta. Menurutnya layanan tersebut akan sangat memberikan kemudahan bagi dirinya dan kawan-kawan penyandang disabilitas menuju bandara.

“Manfaatnya bagi saya penyandang disabilitas, ini sangat luar biasa, sangat membantu untuk saya dan teman-teman. Jadi jangan biarkan kami hanya cuma dikasihani, tapi lebih bagaimana dibantu untuk lebih mandiri. Jadi untuk saya yang biasa menggunakan pesawat ke luar kota atau ke luar negeri pun jadi lebih nyaman, tidak perlu menggunakan transportasi yang mahal. Jadi dengan Transjakarta lebih efisien,” ungkap Maria.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER