Jumat, 29 Maret, 2024

Meja Pendaftaran Ditutup, Kongres Demokrat Setting AHY Naik jadi Ketum?

MONITOR, Jakarta – Kehadiran putra sulung Presiden RI keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), disambut secara gempita oleh sejumlah kader Partai Demokrat.

AHY yang didampingi istri Annisa Pohan, sekitar pukul 08.45 WIB terlihat langsung menghampiri meja panitia pendaftaran bakal calon (Balon) ketua umum (Ketum) DPP Partai Demokrat periode 2020-2025.

Namun, usai AHY mendaftarkan dirinya sebagai Balon Ketum, panitia pun bergegas ikut merapihkan berkas dan meninggalkan meja pendaftaran.

Dari pantauan MONITOR di lapangan sepeninggal AHY, meja pendaftaran yang kosong. Sementara backdrop partai berlambang bintang mercy justru menjadi ajang foto dan tempat makan oleh para peserta kongres V.

- Advertisement -

Sementara itu, Sekertaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Demokrat, Hinca Panjaitan, mengatakan pihaknya akan membuka pendaftaran bagi kader yang ingin mencalonkan dirinya, hingga pukul 10.00 WIB.

“Panitia (pendaftaran) sudah siap di sana, kita tunggu siapa saja yang akan mendaftar. Tapi pembukaan pendaftaran kami buka sampai sidang dibuka,” kata Hinca, di area Kongres V Partai Demokrat, JCC, Senayan, Minggu (15/4).

Fakta di lapangan tersebut seolah memberikan sinyal kuat, bahwa AHY yang kini menjabat sebagai Wakil Ketua Umum DPP Partai Demokrat memang telah disiapkan sejak awal.

Juru Bicara Kongres V Partai Demokrat, Irwan, mengatakan bahwa AHY setidaknya telah mendapatkan dukungan dari seluruh DPD dan DPC se Indonesia.

“93.30% dukungan AHY untuk daftar jadi Ketum dari DPD dan DPC,” ujar Irwan di lokasi kongres.

Sementara dalam pantauan MONITOR, baru AHY yang mendaftar dengan dukungan diatas.

“90% sebagai syarat minimum mendaftar 35% dukungan pemegang hak suara. 75% dukungan pemilihan diarahkan aklamasi. Nanti kita lihat hasil prosesnya pada sidang paripurna,” jelas Irwan.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER