Kamis, 21 Oktober, 2021

Jasa Marga Boyong Empat UKM Binaan Mejeng di Pameran Indocraft

MONITOR, Jakarta – PT Jasa Marga (Persero) Tbk sertakan empat Usaha Kecil dan Menengah (UKM) mitra binaan dalam ajang the 17th Indocraft di Jakarta Convention Center (JCC), 11–15 Maret 2020. Aksi itu merupakan wujud nyata dukungan Jasa Marga terhadap perkembangan bisnis para pelaku UKM di tanah air.

Keempat mitra binaan yang berpartisipasi dalam the 17th Indocraft adalah Macrame, Galery Mug, Ariesta Bordir, dan Hand Love. Para mitra binaan tersebut tersebar di berbagai wilayah yaitu Tangerang, Bogor dan Tasikmalaya. Bidang usahanya pun beragam, seperti fashion, craft, mug, kerajinan tangan hingga eco-print.

Community Development Department Head Jasa Marga Titi Purwatiningsih menjelaskan bahwa bisnis keempat mitra binaan Jasa Marga yang berpartisipasi dalam the 17th Indocraft tersebut dapat berkembang ke depannya.

“Tentu saja kami berharap dapat terus berkembang dari segala bidang baik aset, omzet, maupun jumlah karyawannya, sehingga dapat mengurangi jumlah pengangguran di Indonesia,” harap Titi.

- Advertisement -

Titi juga menjelaskan bahwa Jasa Marga terlebih dahulu mengevaluasi saat penentuan mitra binaan yang akan diikutsertakan dalam suatu pameran.

“Keempat mitra binaan telah mengikuti pelatihan yang kami adakan di tahun 2019 lalu. Dari pelatihan itu, kami saring lagi mitra-mitra binaan mana yang ‘naik kelas’. Yang dimaksud naik kelas salah satu indikatornya adalah: jika UMKM binaan mempunyai peningkatan omset, jumlah pegawai, kapasitas produksi, memperluas pemasaran dan mendapat perizinan/sertifikasi. Jadi bila UMKM binaan belum punya ijin usaha, maka kami bantu untuk mengurus ijin usahanya, atau bila UMKM binaan belum punya merk/belum terdaftar, maka kami akan bantu daftarkan,” tambahnya.

Setelah pelatihan, Jasa Marga juga melakukan supervisi kepada mitra binaan yang telah ikut pelatihan selama 3 bulan.

“Secara keseluruhan, untuk kegiatan pameran dan pelatihan tahun 2019 dana yang terealisasi sebesar Rp1,1 miliar dengan jumlah peserta pelatihan sebanyak 90 mitra binaan. Sementara untuk tahun ini, kami mengalokasikan dana tersebut sekitar Rp1,7 miliar,” tutup Titi.

Pada kesempatan yang sama, salah satu mitra binaan Jasa Marga bernama Suryati bersyukur dan berterima kasih kepada Jasa Marga karena dapat ikut serta dalam the 17th Indocraft.

“Semoga, kami sebagai UKM binaan Jasa Marga, bisa ikut di acara-acara serupa lainnya. Pada acara-acara seperti Indocraft ini, kami bisa bertemu langsung dengan calon konsumen dari seluruh Indonesia, bahkan manca negara. Jadi, kami juga bisa mengembangkan usaha,” harap pemilik brand Hand Love ini.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER