Wakil Ketua DPD Apresiasi Penyelenggaraan Futsal di Sorong

MONITOR, Sorong –Wakil Ketua DPD RI Nono Sampono membuka Turnamen Futsal Melati Raya Cup III di Gedung Olahraga (GOR) Pancasila Sorong, Papua Barat, Sabtu (7/3). 

Sebanyak 48 tim bertanding pada kompetisi ini berasal dari wilayah Papua, Papua Barat, dan Maluku.

Nono mengapresiasi penyelenggara yang telah menyelenggarakan kegiatan olahraga yang dapat meningkatkan prestasi atlit. 

“Saya mengapresiasi kepada penyelenggara turnamen Melati Raya Cup III ini. Saya pikir ini sebuah upaya yang baik ditengah-tengah kekeringan akan hal prestasi atlit kita, baik di ajang regional maupun dunia,” kata Nono dalam keterangan tertulisnya, Minggu (8/3). 

“Karena itu, kita berharap agar Turnamen Futsal Melati Raya Cup ini dalam waktu dekat bisa menghasilkan sumber daya atlet yang handal, terutama untuk wilayah Papua dan Papua Barat dalam rangka menghadapi PON 2020 nanti,”tambah dia.

Dalam kesempatan itu, ia juga menambahkan bahwa berdasarkan survei dari Unesco terdapat 82,7 persen orang Indonesia bermasalah dengan kebugaran. Sehingga menurutnya, olahraga merupakan tuntutan dan kebutuhan.

Selain itu, Nono juga beranggapan turnamen atau pertandingan perlombaan ini sangat diperlukan. Karena tidak hanya sekedar berlatih namun juga diuji dalam perlombaan sehingga termotivasi untuk meningkatkan kemampuan dalam berolahraga.

“Kita latihan, kita berlatih tapi tidak diuji dengan perlombaan itu kurang afdol dan dengan cara ini prestasi olahraga bisa ditingkatkan,”paparnya.

Nono juga menyoroti, sarana dan prasarana di Papua juga masih minim. Padahal, di Papua termasuk gudangnya para atlet dalam semua bidang olahraga.

“Oleh karena itu saya mendorong pemerintah terutama pemerintah pusat untuk membantu pemerintah daerah dan masyarat Papua dan Papua Barat memperhatikan masalah sarana dan prasarana olahraga, karena ini sangat penting,” sebutnya.

“Bung karno pun pernah mengatakan di dalam badan yang sehat terdapat jiwa yang sehat dan olahraga juga akan mengangkat harkat dan martabat,” pungkas senator asal Maluku itu.