Jumat, 29 Maret, 2024

Selamat! Tiga Mahasiswa Program 5000 Doktor Luar Negeri Berhasil Selesaikan Yudisium

MONITOR, Jakarta – Kementerian Agama RI melalui Program 5000 doktor awal tahun 2020 ini kembali memanen beberapa doktor lulusan universitas terkemuka di luar negeri. Ya, sebanyak tiga orang penerima beasiswa 5000 Doktor luar negeri awal tahun ini berhasil menyelesaikan yudisiumnya dan meraih gelar doktor.

Tiga mahasiswa Program 5000 Doktor tersebut adalah Dr. Lalu Turjiman Ahmad, dosen dari UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, lulus dengan predikat summa cum laude untuk bidang literatur Arab dari Universitas Liga Arab, Kairo, Mesir. Lalu, merupakan awardee 5000 Doktor Luar Negeri tahun 2016, berangkat ke Mesir pada 2017 dan menyelesaikan studi doktoralnya dalam waktu kurang dari 3 tahun.

Disertasinya tentang pemikiran dan kontribusi Ibnu Qutaibah dalam kajian linguistik diberi judul Turāts Ibnu Qutaibah Fī al-Dirāsāt al-‘Arabiyyah berhasil dipertahankan pada siding yudisum tanggal 28 Juli 2019. Dr. Lalu Turjiman Ahmad merupakan alumni program 5000 Doktor Luar Negeri yang ke-86.

Alumni program 5000 Doktor Luar Negeri yang ke-87 adalah Dr. Fertiana Santy Hasan. Nana, panggilan kecilnya, menyeselaikan studi dalam bidang sosiologi politik jurisprudensi di Perancis, tepatnya d’Institut d’Etudes Politiques d’Aix-en-Provense, Universite d’Aix Marseilles.

- Advertisement -

Disertasinya yang berjudul La Representation des Femmes Musulmanes dans la jurisprudence francaise, l’Analise critique de discours (Representasi wanita muslim dalam yurisprudensi Perancis, analisis kritis wacana) berhasil dia pertahankan dalam siding disertasi tanggal 14 Oktober 2019 di Perancis. Nana merupakan Pelaksana pada Biro Hukum dan Kerjasama Luar Negeri, Kementerian Agama RI.

Alumni 5000 Doktor yang ke-88 adalah Dr. Rizzaldy Satria Wiwaha. Rizzaldy merupakan dosen dari Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Nahdlatul Ulama (STISNU) Cianjur. Predikat summa cum laude diraih Rizzaldy manakala mempertahankan disertasinya di bidang literatur Arab yang berjudul Dialog dan Argumentasi dalam Drama Kembalinya Surga Firdaus Karya Sastrawan Ali Akhmad Bakathir. Gelar doktor pun diraihnya tepat pada 24 Februari 2020 dari Universitas Liga Arab, Kairo, Mesir. Selamat datang kembali para Agent of Change. Dengan sekembalinya tiga doktor ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas perguruan tinggi keagamaan Islam ke depannya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER