Antisipasi Covid-19, KPAI Minta Fasilitasi Masker dan Antiseptic di Seluruh Sekolah

Komisioner KPAI Retno Listyarti usai melakukan pengawasan

MONITOR, Jakarta – Virus corona atau yang dikenal Covid-19 semakin menyebar luas di penjuru dunia, tak terkecuali di Indonesia. Belum lama ini, Presiden Joko Widodo mengumumkan bahwa dua warga Indonesia positif terkena virus mematikan tersebut.

Sementara itu, obat penyembuh penyakit ini belum ditemukan. Melihat kondisi ini, Komisioner KPAI Retno Listyarti meminta agar Kemendikbud dan Kemenag segera mengeluarkan surat edaran Menteri atau semacam SOP dalam upaya melindungi anak-anak selama berada di sekolah.

“Misalnya wajib menggunakan masker, wajib mencuci tangan dengan antiseptic, membatasi aktivitas di luar ruangan, seperti olahraga dan upacara di tempat terbuka, dan membatasi sentuhan fisik antar warga sekolah, seperti bersalaman untuk sementara waktu, serta meminta para siswa dan guru untuk menjaga kesehatan, istirahat cukup dan makan makanan bergizi seimbang,” kata Retno dalam keterangannya, Senin (2/3).

Ia juga mengatakan, pemerintah pusat dan pemerintah daerah seyogyanya dapat menganggarkan penyediaan masker dan antiseptic bagi seluruh sekolah di semua jenjang di wilayah masing-masing, mengingat harga masker naik berkali kali lipat sehingga kemungkinan tidak terjangkau untuk dibeli warga.

“Hal ini merupakan upaya untuk mencegah dan melindungi anak-anak dan para guru tertular Covid-19 selama berada di sekolah,” pungkasnya.