Rabu, 24 April, 2024

Atasi Persoalan Sampah, Pemkot Depok Dorong Percepat Penggunaan TPPAS Nambo

MONITOR, Depok – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok terus mendorong Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) untuk bisa mempercepat operasional Tempat Pembuangan dan Pemrosesan Akhir Sampah (TPPAS) Lulut Nambo di Kabupaten Bogor.

Hal itu perlu segera dilakukan guna mengatasi persoalan sampah yang terjadi di Kota Depok.

“Saat ini sampah yang dihasilkan warga Depok setiap harinya mencapai 1.100 ton. Jumlah tersebut belum dikurangi sampah organik yang nantinya dijadikan pupuk. Jika masalah ini tidak segera diatasi, dikhawatirkan gunungan sampah yang ada di TPA Cipayung, bisa mengalami longsor,” kata Kepala DLHK Kota Depok, Ety Suryahati di Balai Kota, Jumat (28/02).

Menurut Ety, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil telah mengizinkan Pemkot Depok membuang sampah ke TPPAS Nambo pada akhir tahun 2019. Namun, karena berbagai kendala, pembuangan sampah ke lokasi itu, urung dilakukan.

- Advertisement -

“Izinnya sudah dapat, tetapi masih ada persoalan administrasi. Termasuk izin pertanahan, lingkungan dan sebagainya. Ini yang sedang kita tuntaskan,” ujar Ety.

Ety menyebut, pihaknya dijanjikan dapat membuang sampah ke TPPAS Nambo pada Oktober mendatang. Namun, Pemkot Depok mendesak agar bisa dipercepat pada bulan Juli 2020.

“Armada kami sudah siap. Kalau pertengahan tahun ini kita bisa buang sampah ke Nambo, kuotanya mencapai 700 ton per hari. Jumlah ini merupakan akumulasi dari yang dijanjikan awal 300 ton per hari. Mudah-mudahan bisa segera terwujud,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER