Wali Kota Depok Tinjau Penangan Banjir di Cilodong

Wali Kota Depok Mohammad Idris (tengah) meninjau lokasi banjir dan longsor di Perumahan Pondok Tirta Mandala, Sukamaju, Cilodong, Sabtu (15/2). (Foto : Istimewa)

MONITOR, Depok – Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengapresiasi kinerja perangkat daerah (PD) dan instansi terkait dalam melakukan penanganan banjir di Perumahan Pondok Tirta Mandala, Sukamaju, Cilodong. 

Menurutnya, penanganan harus segera dilakukan agar banjir tidak meluas.

“Terima kasih atas gerak cepat pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR), Polsek, Koramil, Tim Damkar serta warga dalam melakukan penanganan banjir di Perumahan Pondok Tirta Mandala,” katanya usai meninjau lokasi banjir, Sabtu (15/2) petang WIB.

Idris mengatakan, curah hujan yang tinggi banyak memberikan manfaat dan hikmah. Namun, perlu juga diperhatikan terkait pembangunan turap tebing dan turap sungai agar sesuai dengan ketentuan dan proses perizinan.

“Masalah jebolnya turap milik warga hingga menutup badan Kali Jantung, tidak lepas dari persoalan perbatasan wilayah. Penyelesaiannya harus dilakukan secara kolaboratif dan komprehensif, tidak parsial,” jelasnya.

Karena itu, dirinya mencontohkan, Situ Bahar yang berada di perbatasan antara Kota Depok dan Cibinong, sebagai muara hulu dari Kali Jantung.

Serta Situ Pengarengan sebagai muara hilir dari Kali Jantung yang melintasi Perumahan Tirta Mandala, sudah seharusnya bisa diselesaikan secara tuntas.

“Pembangunan boleh dilakukan tetapi harus perhatikan juga dampak untuk lingkungan, agar tidak merugikan siapapun,” sebut dia.

Untuk diketahui, intensitas hujan tinggi sejak Sabtu (15/2) siang menyebabkan turap milik warga ambrol dan menutup badan Kali Jantung.

Akibatnya, aliran air tersumbat hingga meluap dan berdampak banjir di Perumahan Pondok Tirta Mandala RT 04, RW 18, Sukamaju, Cilodong.